Mengenal 4 Tahapan Seleksi Beasiswa Luar Negeri

Mengenal 4 Tahapan Seleksi Beasiswa Luar Negeri
Foto: Sumatera.bisnis.com

Bestienews.com- Dapat berkuliah di luar negeri merupakan suatu pengalaman yang sudah barang tentu diidamkan oleh para pelajar. Memang tidak semua pelajar, tapi sebagian pasti mengidamkan kesempatan itu. Apalagi jika dapat kuliah karena mendapatkan beasiswa tertentu. Sudah pasti begitu menggembirakan dan membanggakan baik bagi diri sendiri maupun segenap keluarga besar.

Berkuliah dengan meraih sebuah beasiswa tentu bukanlah perkara mudah. Ia membutuhkan ketekunan dan kedisplinan yang tinggi dalam belajar. Lebih lengkap lagi kalau perbanyak ikhtiar untuk berbuat baik dan berdoa. Di sisi lain, yang tidak kalah penting ialah mengetahui tahapan-tahapan penting dalam proses seleksi beasiswa yang dituju.

Nah, berikut ini adalah 4 tahapan yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para pelajar yang menaruh minat pada beasiswa luar negeri.

1. Seleksi Administrasi atau Berkas

Hampir di tiap seleksi untuk menjadi atau memperoleh sesuatu, seleksi administrasi atau berkas menjadi langkah/tahapan yang pertama. Pada tahap ini, pelajar yang melamar pada beasiswa tertentu mesti terlebih dahulu mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Dengan mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, pelajar yang melamar mesti menyiapkan berkas sesuai kebutuhan penyelenggara. Berkas yang dibutuhkan ialah sertifikat IELTS, CV, surat rekomendasi, transkrip nilai, ijazah, esai, surat motivasi, dan yang lainnya.

Di samping itu, pelajar yang melamar juga perlu memperhatikan ketentuan file atau format yang dikirim pada bagian pendaftaran. Biasanya pihak penyelenggara telah menetapkan format tertentu pada tahap ini.

2. Seleksi Wawancara

Seleksi wawancara menjadi tahap kedua dari rangkaian tahapan seleksi beasiswa luar negeri. Itu artinya pelamar yang lolos tahap pertama di atas akan dijadwalkan untuk seleksi wawancara.

Tahap wawancara biasanya dijadwalkan oleh pihak penyelenggara. Pelamar perlu menyiapkan diri dengan baik. Dalam hal ini, tujuan dan niat melamar beasiswa yang dituju akan menjadi satu dari sekian pertanyaan yang ditanyakan. Pastikan jawaban pelamar tepat dan tidak bertele-tele.

3. Seleksi Tambahan

Tahap yang ketiga ialah seleksi tambahan. Tahap ini biasanya tidak mencakup semua beasiswa yang ada, hanya ada beasiswa tertentu yang menyelenggarakan seleksi tambahan.

Oleh karena itu, bagi para pelamar beasiswa luar negeri disarankan untuk mengecek dan mempelajari informasi dari tiap beasiswa secara detail. Terutama beasiswa yang dituju. Dalam hal ini, linimasa dari beasiswa atau penyelenggara beasiswa itu perlu dicek.

4. Pengumuman

Pengumuman menjadi tahap paling akhir dari semua rangkaian tahapan seleksi beasiswa. Pelamar akan mengetahui apakah dirinya diterima atau tidak pada beasiswa yang dilamar. Perlu diketahui bahwa hasil dan keputusan penyelenggara pada tahap ini bersifat mutlak.

Itulah 4 tahapan seleksi beasiswa luar negeri. Yuk, coba melamar beasiswa luar negeri! 

Sumber: Kompas.com
 

Berita Lainnya

Index