Ikan Tuna, Apa saja Manfaatnya?

Ikan Tuna, Apa saja Manfaatnya?
Foto : wikipedia

Tuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk tribus Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya.

Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Berikut manfaat ikan tuna.

1. Mengurangi Resiko Demensia
Asam lemak omega-3 di dalam tuna dapat membantu memperlambat perkembangan demensia yang progresif. Asam lemak ini berperan memblokir peradangan pada tingkat sel, dan menurunkan risiko gangguan kognitif vaskular dan demensia. Dengan kata lain, konsumsi ikan tuna secara rutin dan sedini mungkin mampu mencegah risiko kepikunan di masa depan.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Kaya akan asam lemak omega-3, tuna mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula, yakni kondisi mata yang terkait dengan usia yang semakin bertambah.

3. Mencegah Anemia
Anemia disebabkan karena kekurangan mikronutrien seperti folat, zat besi, dan B12. Tuna dikenal kaya akan asam folat, zat besi, B12, hingga kolin. Konsumsi tuna dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, sekaligus mencegah anemia.

4. Mengontrol Gula Darah
Tuna adalah sumber protein yang rendah karbohidrat. Anda dianjurkan makan ikan dua kali seminggu untuk membantu mengelola diabetes.

5. Mendukung Kesehatan Jantung
Tuna merupakan sumber asam lemak omega-3, termasuk DHA dan EPA yang rendah lemak. Konsumsi tuna dapat menurunkan trigliserida tanpa meningkatkan jenis kolesterol lainnya dan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

6. Menjaga Tekanan Darah
Asam lemak omega-3 bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi tekanan darah. Tak hanya omega-3, kalium dalam tuna juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Rutinlah konsumsi ikan ini guna mencegah hipertensi, membantu mencegah serangan jantung, stroke, serta aterosklerosis.
 

Berita Lainnya

Index