Ini Dia Usia yang Tepat Anak Masuk PAUD hingga SD

Ini Dia Usia yang Tepat Anak Masuk PAUD hingga SD
Foto: Suara.com

Bestienews.com- Setiap orang tua yang memiliki anak perlu tahu kapan usia yang tepat bagi sang buah hati untuk mendapatkan pendidikan baik di tingkat PAUD atau SD. Hal ini dirasa perlu sebab tidak sedikit orang tua yang masih belum tahu rentangan usia sekolah yang tepat bagi anak-anak mereka.

Di Indonesia, usia yang tepat bagi sang anak untuk masuk PAUD adalah kisaran usia 2-6 tahun. Berdasarkan usia tersebut, anak-anak akan belajar yang disesuaikan dengan kelompok umur mereka.

Selanjutnya, untuk rentang usia masuk SD dimulai dari usia  paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Atau lebih baik lagi saat anak sudah berusia 7 tahun.

Hal ini merujuk pada pasal 7 dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang berbunyi:

a. 7 (tujuh) tahun; atau

b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

2. Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.

3. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

4. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.
 

Berita Lainnya

Index