Peringati Bulan K3 Nasional

PT KPI Unit Dumai Tingkatkan Kesadaran K3 di Kalangan Pekerja Dengan Sejumlah Kegiatan

PT KPI Unit Dumai Tingkatkan Kesadaran K3  di Kalangan Pekerja Dengan Sejumlah Kegiatan
Dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menyelenggaraka

Bestienews.com-  Dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai menyelenggarakan sejumlah kegiatan bagi pekerja, mitra kerja, dan kontraktor guna meningkatkan kesadaran dan budaya safety di lingkungan kerja.

Rangkaian kegiatan tersebut ditandai dengan Upacara Pembukaan Bulan K3 tahun 2024 yang berlokasi di Lapangan Main Office, Jumat (26/01), yang dihadiri oleh General Manager PT KPI Unit Dumai yang sekaligus bertindak sebagai Pembina Upacara, tim manajemen, section head, pekerja, hingga mitra kerja dan kontraktor.

Tema nasional bulan K3 tahun 2024 sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan adalah “Budayakan K3 Sehat dan Selamat dalam Bekerja Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Sedangkan tema bulan K3 PT KPI adalah “Sinergi Bersama Menjaga Operasional yang Aman untuk Mewujudkan Refining Sustainability.”

Dalam arahannya, General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, mengatakan bahwa semakin tahun semakin kita dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola budaya Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) dan Asset Integrity yang unggul guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina.

“Budaya HSSE yang generatif dapat kita mewujudkan dalam implementasi kegiatan kerja yang kita lakukan sehari-hari. Kita dapat mewujudkannya mulai dari diri kita sendiri melalui cara hidup, sikap, kebiasaan yang aman dan selamat pada setiap kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan, sehingga budaya yang kita praktekkan dapat meng-influence rekan-rekan lain di tempat kita bekerja,” terangnya.

Didik Subagyo juga mengajak kepada seluruh pihak yang ada di PT KPI Unit Dumai untuk terus menerapkan HSSE Golden Rules, yaitu Patuh, Intervensin dan Peduli, serta Slogan Personal Risk Assessment, yaitu BETUAH (BE: Berpikir Risiko, TU: Tindakan & Usaha Keselamatan, AH: Aman & Hati-hati).

Untuk menanamkan budaya K3 di lingkungan kerja, PT KPI Unit Dumai juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya HSSE Street Campaign, Emergency Procedure Exercise, Donor Darah, Excellence Good House Keeping (GHK) Sustainability, Seminar HSSE Pekerja dan Keluarga, Contractor Management Challenge, Emergency Response Contest, dan lain sebagainya.

Selain itu, PT KPI Unit Dumai juga menyelenggarakan event yang melibatkan stakeholder eksternal, seperti Pemilihan Duta K3 Sekolah, Lomba Poster K3 serta Sertifikasi AK3U untuk masyarakat.

Sejumlah kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menanamkan budaya K3 dengan cara yang menyenangkan bagi seluruh stakeholder yang terlibat di lingkungan PT KPI Unit Dumai.

"Kita bersyukur tahun ini dapat kembali melaksanakan kegiatan Bulan K3. Saya mendorong kepada seuluruh pekerja dan mitra kerja untuk aktif berpartisipasi dalam rangkaian acara yang sudah disiapkan sebagai wujud budaya HSSE Generative dan Sustainability. Dan mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan kerja yang aman dimanapun kita beraktivitas," tutup Didik Subagyo.

Selain upacara pembukaan Bulan K3, momen tersebut juga diisi dengan simbolis penyerahan bendera bulan K3 dari GM PT KPI Unit Dumai ke Ketua Panitia Bulan K3. Selain itu, secara simbolis diserahkan pula APD kepada perwakilan kontraktor. PT KPI Unit Dumai juga memanfaatkan momen tersebut untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan dengan penyerahan santunan ke Panti Asuhan.
 

Berita Lainnya

Index