Manfaat Konsumsi Ikan Lele

Manfaat Konsumsi Ikan Lele
Foto: suara merdeka

Ikan lele adalah salah satu ikan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Lele memiliki rasa yang gurih dan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, ikan jenis ini dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti pecel lele, lele crispy, lele bakar, mangut lele, dan lain sebagainya.

Selain itu, lele mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan lele mengandung nutrisi tinggi yang terdiri dari bermacam-macam vitamin serta mineral. Berikut manfaat mengonsumsi ikan lele.

1. Meningkatkan Kesehatan Otot
Protein pada ikan lele dapat meningkatkan kesehatan otot. Ketika protein terpenuhi dengan baik dalam tubuh, maka akan mempengaruhi produksi enzim dan hormon untuk meningkatkan fungsi tubuh.

2. Aman Dikonsumsi Anak karena Rendah Merkuri
Zat merkuri dapat memicu neurotoksisitas apabila menumpuk dalam tubuh. Namun, Bapak/Ibu dapat mencegahnya dengan mengonsumsi lele. Ikan jenis ini adalah salah satu jenis ikan yang rendah kontaminasi kandungan merkuri. Dengan begitu, ikan lele aman untuk dikonsumsi anak.

3. Mengoptimalkan Kesehatan Otak
Ikan lele memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak yang berasal dari kandungan omega 3. Walaupun tidak digolongkan sebagai ikan yang tinggi lemak sehat, seperti salmon, akan tetapi lele bisa dijadikan alternatif sumber asam lemak omega-3.
Ikan lele mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kedua asam lemak ini baik untuk menjaga kesehatan otak.

4. Meningkatkan Kesehatan Saraf
Kandungan vitamin B12 dalam ikan lele cukup tinggi. Dengan demikian, Bapak/Ibu bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan saraf.  

5. Menjaga Kesehatan Sel dan Jaringan Tubuh
Dalam 100 gram ikan lele, terdapat protein sekitar 18 gram. Mengonsumsi protein setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan rendah lemak dan tinggi omega-3 pada lele tidak hanya baik untuk otak, tapi juga baik untuk jantung. Asam lemak omega-3 dapat memperbaiki kondisi detak jantung yang tidak teratur.

Berita Lainnya

Index