Baim Wong Ingatkan Berhati-Hati, Usai Jadi Korban Hack Via WhatsApp

Baim Wong Ingatkan Berhati-Hati, Usai Jadi Korban Hack Via WhatsApp

Artis sekaligus youtuber kenamaan Indonesia Baim Wong mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, usai dirinya jadi korban penipuan hack via wa. Hal tersebut disampaikan Baim sendiri dalam keterangannya Rabu (1/11/2023).

Modus penipuan tersebut menurut Baim menggunakan semacam jasa kurir pengirim paket. Baim diminta untuk segera membuka file yang disinyalir sebagai paket kiriman untuk Baim. Mengingat menurut Baim dirinya memang sedang memesan barang via online.

"Baru-baru ini saya mengalami musibah. Saya menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tidak saya kenal. Si pengirim mengaku sebagai kurir dan mengirim foto paket berupa file dan kebetulan saya juga sedang memesan barang via online," kata Baim Wong dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

"Saya tidak ngeh main klik aja karena ingin memastikan paketnya," lanjutnya.

Setelah membuka tautan tersebut, Baim Wong mengaku sempat merasa ada yang aneh. Namun, karena kesibukan, ia tidak menggubrisnya dan melanjutkan kegiatannya.

Selang beberapa hari kemudian, Baim Wong mengaku dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank dari rekeningnya ke rekening lain yang tidak dikenal. Ia langsung menghubungi pihak bank dan memblokir rekeningnya.

"Ini yang ngeri sekali. Modusnya yaitu dengan memanfaatkan fitur pesan dengan file, ada juga yang mengirim notifikasi seperti promo dan kode OTP," papar Baim Wong.

"Bahkan ada yang mengatasnamakan instansi pemerintah dengan mengirim file surat tilang elektronik yang ternyata itu malware dan sudah ada korbannya, rekeningnya terkuras sampai miliaran," lanjutnya.

Dari kejadian itu, Baim berpesan agar masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi WahtsApp. Sebab ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang juga menggunakan aplikasi yang sama.

"Berhati-hatilah menggunakan aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan WhatsApp untuk melakukan aksi peretasan dan penipuan, yang berujung pada kerugian, baik material maupun nonmaterial," terang Baim Wong.





 

Berita Lainnya

Index