Apa Manfaat Konsumsi Ikan Cakalang?

Apa Manfaat Konsumsi Ikan Cakalang?
Foto: Blibi.com

Ikan cakalang biasa ditemui di Indonesia, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Ikan ini memang merupakan salah satu jenis yang paling sering dikonsumsi masyarakat.

Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) adalah ikan berukuran sedang dari familia Scombridae (tuna). Satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Cakalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Cakalang yang banyak tertangkap berukuran panjang sekitar 50 cm. Berikut manfaat mengonsumsi ikan cakalang.

1. Memperkuat Imunitas
Ikan cakalang memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, zink, dan mangan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam ikan cakalang mampu mencegah penumpukan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

2. Baik untuk Tulang
Ikan cakalang mengandung fosfor serta vitamin D. Keduanya saling bekerja sama agar tulang kukuh dan tidak mudah keropos.

3. Mencegah Hipertensi
Ikan cakalang mengandung omega-3 dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga, konsumsi ikan cakalang aman bagi pengidap hipertensi.

4. Baik untuk Jantung
Tidak hanya mencegah darah tinggi, kandungan omega-3 dalam ikan juga bisa menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung akan menurun.

5. Menjaga Kemampuan Kognitif
Satu di antara kandungan ikan cakalang, yaitu omega-3, mampu menurunkan risiko penurunan kognitif akibat gangguan pembuluh darah. Selain itu, bersama dengan omega-6, kandungan omega-3 dalam ikan bisa memperlambat demensia pada pasien stroke maupun setelah cedera otak.
 

Berita Lainnya

Index