Temulawak, Apa Saja Manfaatnya?

Temulawak, Apa Saja Manfaatnya?
Foto : wikipedia

Temulawak adalah tanaman herbal asal Indonesia yang memiliki bentuk mirip kunyit. Tanaman ini mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza.  Temulawak banyak ditemukan terutama di sepanjang pulau Jawa, Bali, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Selatan.

Berikut manfaat temulawak.

1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Tanaman ini merangsang produksi empedu yang terdapat pada kantung empedu, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Rutin mengonsumsi herbal ini bisa membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, gas dan dispepsia. 

2. Osteoartritis
Studi berjudul Efficacy and safety of Meriva®, a curcumin-phosphatidylcholine complex, during extended administration in osteoarthritis patients dalam Alternative Medicine Review menemukan bahwa orang dengan osteoartritis yang mengonsumsi 1.000 miligram Meriva per hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam kekakuan dan fungsi fisik setelah 8 bulan.

3. Antikanker
Curcuma xanthorrhiza mampu mencegah, mengendalikan atau membunuh beberapa jenis kanker. Ini termasuk kanker payudara, usus besar dan prostat. Cara kerjanya dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang menjadi penyubur sel kanker.

4. Membantu Proses Pemulihan Luka
Kandungan borneol dalam temulawak mampu memaksimalkan proses penyembuhan luka. Nutrisi tersebut bekerja dengan mengatasi masalah pembekuan darah pada otak atau jantung karena peradangan. 

5. Manfaat Temulawak dalam Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Peningkatan metabolisme selalu berbanding lurus dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari kandungan pati dan tumerol dalam tanaman herbal ini.

6. Mengobati Bau Badan
Dalam penggunaan tradisional, bau temulawak juga bisa menangkal bau tak sedap. Rimpang temulawak yang telah diparut dan direbus dapat menangkal bau badan dari dalam tubuh dengan rutin diminum.

7. Membersihkan Darah
Mengkonsumsi temulawak juga mampu membersihkan darah, namun caranya sedikit berbeda. Rimpang temulawak harus diiris tipis dan dijemur, barulah diseduh dengan air hangat dan gula merah.

Berita Lainnya

Index