Kaya Manfaat Kencur

Kaya Manfaat Kencur
Foto : wikipedia

Kencur (Kaempferia galangal L.) merupakan tanaman tropis yang tumbuh dengan subur di berbagai pelosok daerah di Indonesia, baik sebagai tanaman yang dipelihara maupun dibudidayakan. 

Kencur atau cikur adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah. Bagian tanaman kencur yang sering digunakan adalah rimpang, akar dan daun. Kencur juga banyak digunakan sebagai ramuan obat tradisional dan sebagai bumbu penyedap masakan.

Berbagai macam manfaat kencur.

1. Meningkatkan nafsu makan
Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena sifat karminatif. Beberapa suplemen makanan untuk anak juga ada tambahan kencur. Kencur bisa menjadi bumbu penyedap dan baik dikonsumsi anak-anak.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bekerja menyerap nutrisi, termasuk menghilangkan racun dan kolesterol jahat.

3. Sumber antioksidan
Antioksidan dalam kencur bisa mengurangi radikal bebas dan virus. Kencur dan empon-empon bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Obat herbal batuk
Kencur, jahe, kunyit, lengkuas bisa dipakai sebagai obat herbal ketika batuk.

5. Mengurangi kembung
Kencur bisa mengurangi kembung. Caranya cuci kencur sampai bersih, tambahkan garam secukupnya. Bersihkan lagi kemudian rebus di air hangat.

6. Mencegah Kanker
Kencur memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit serius. Termasuk kanker

7. Melawan bakteri
Kencur mengandung Infeksi Staph/Staph infections. Menurut penelitian, kencur efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini menyebabkan bisul, kulit bengkak, nyeri, sampai bernanah.
Konsumsi kencur bisa menyembuhkan dan melawan bakteri tersebut.

8. Mengobati diare
Kandungan karminatif dalam kencur bisa mengobati diare. Peneliti menemukan bahwa kandungan ini merangsang produksi lendir usus. Kandungan ini membantu melindungi lapisan usus dan mencegah bisul di kulit.

9. Bahan Dasar Tabir Surya
Ternyata senyawa dalam kencur sering digunakan untuk penelitian. Mengutip dari jurnal "Karakteristik Morfologi Tanaman Kencur", tanaman ini memiliki senyawa Etil parametoksisinamat (EPMS).

Senyawa ini sering dipakai dan digunakan sebagai bahan dasar tabir surya. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar UV matahari.

 

Berita Lainnya

Index