5 Manfaat Buah Nanas

5 Manfaat Buah Nanas
Foto: JawaPos.com

Nanas atau Ananas comosus adalah buah yang tumbuh subur pada wilayah tropis, termasuk Indonesia. Buah dengan cita rasa manis cenderung asam ini memiliki kandungan tinggi serat dan kalori yang relatif rendah, sehingga kerap kali menjadi menu buah sehat untuk diet. Berikut manfaat dari nanas.

1. Meningkatkan kesehatan tulang
Nanas mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin tersebut terbukti merangsang produksi sel pembentuk tulang dan melindungi sel tulang dari kerusakan, salah satunya osteoporosis.

2. Kaya akan antioksidan
Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan, molekul yang membantu tubuh menangkal stres oksidatif.

Adapun, stres oksidatif terjadi karena banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang berkaitan dengan peradangan kronis, melemahnya kesehatan kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

3. Meningkatkan produksi sperma
Menariknya, tidak banyak yang tahu kalau buah ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan pembentukan sperma. Kandungan enzim bromelain dalam makanan sehat ini dapat merangsang pembentukan hormon testosteron, sehingga produksi sperma juga ikut mengalami peningkatan.

4. Meningkatkan kesuburan
Studi dalam Hindawi menyebutkan bahwa enzim bromelain pada buah berwarna kuning ini adalah agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah). Keduanya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, efek antikoagulasi ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, termasuk dalam rahim dan lapisannya. Buah satu ini juga menurunkan potensi peradangan pada reproduksi wanita seperti endometriosis.

5. Meringankan sinusitis
Manfaat nanas berikutnya adalah membantu meringankan gejala sinusitis, kondisi peradangan yang menyerang rongga pada sekitar hidung. Ini berkat kandungan enzim bromelain yang memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang membantu meredakan nyeri.
 

Berita Lainnya

Index