5 Pengganti Gula yang Lebih Sehat

5 Pengganti Gula yang Lebih Sehat
Foto: Kompas.com

Berikut 5 rasa manis pengganti gula yang lebih sehat.

1. Madu
Anda mungkin sudah familiar dengan madu, pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah. Madu mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk imunitas. Selain itu, pemanis alami ini kaya akan antioksidan dan tidak memicu efek negatif meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

2. Gula Aren
Gula aren mengandung nutrisi, seperti antioksidan, kalsium, kalium, dan zat besi. Selain itu, inulin atau serat untuk memperlambat penyerapan zat glukosa yang terkandung dalam gula aren juga lebih lambat diserap tubuh, sehingga membuat kadar gula darah lebih stabil.

3. Sirup Jagung
Bahan alami satu ini mengandung fruktosa tinggi dan sudah sering dipakai sebagai pemanis buatan dalam minuman kemasan ataupun makanan olahan. Meskipun kaya akan glukosa, zat tersebut bisa berubah menjadi bentuk fruktosa karena bantuan dari enzim.

Sirup jangung dapat dijadikan sebagai pengganti gula, namun tidak dianjurkan mengkonsumsi sirup jagung secara berlebihan. 

4. Stevia
Mungkin Anda masih belum begitu familiar dengan daun stevia. Tanaman dengan nama ilmiah Stevia Rebaudiana ini memiliki rasa manis, namun aman untuk dikonsumsi secara berkala karena tidak mengandung gula. Jadi, dijamin tidak akan membuat berat badan Anda naik.

5. Sirup Maple
Terbuat dari ekstrak getah pohon maple, dalam satu sendok makan sirup maple murni terkandung 13,5 gr karbohidrat kaya sukrosa dan 52 kalori. Sukrosa dalam sirup ini memang lebih rendah dari madu. Selain sukrosa, sirup maple juga mengandung zat besi, magnesium, dan zinc.

Berita Lainnya

Index