Air Kelapa Muda Segar dan Banyak Manfaatnya

Air Kelapa Muda Segar dan Banyak Manfaatnya
Foto: Liputan6.com

Air kelapa muda tidak hanya menyegarkan dahaga. Namun juga kaya manfaatnya. Berikut manfaat dari air kelapa muda.

1. Mencukupi kebutuhan cairan
Salah satu manfaat air kelapa muda adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengandung banyak air, kelapa muda juga memiliki banyak elektrolit, terutama natrium dan kalium. Fungsi elektrolit adalah mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

2. Menurunkan tekanan darah
Air kelapa muda juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan kalium di dalamnya yang mampu mengurangi ketegangan otot di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

3. Menurunkan kadar gula darah
Manfaat air kelapa muda juga dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes. Ini karena kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine di dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan gula darah.

4. Mencegah osteoporosis
Kandungan kalsium yang melimpah dalam air kelapa muda juga baik untuk mencegah osteoporosis. Pasalnya, kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Apabila kebutuhannya tidak dicukupi, risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa meningkat.

5. Mencegah batu ginjal
Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat air kelapa muda dapat mengeluarkan zat pemicu terbentuknya batu ginjal dari dalam tubuh, bersama dengan urine. Meski begitu, penderita gagal ginjal kronis dan sedang dalam pengobatan batu ginjal sebaiknya konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

6. Mencegah jerawat
Manfaat air kelapa muda lainnya adalah mencegah jerawat berkat senyawa yang bersifat antibakteri di dalamnya. Meski belum dibuktikan melalui penelitian lebih jauh, penggunaan air kelapa muda ke kulit diduga bisa mencegah jerawat.

Berita Lainnya

Index