Tahukah, Pakcoy Kaya Manfaat!

Tahukah, Pakcoy Kaya Manfaat!
Foto : parapuan

Pakcoy atau bok choy (Brassica rapa Kelompok Chinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae) merupakan jenis sayuran yang populer. Sayuran yang dikenal pula sebagai sawi sendok ini mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar (biasanya dilayukan dengan air panas) atau diolah menjadi asinan. Kadang-kadang sawi ini juga disebut sawi hijau karena fungsinya mirip, meskipun sawi sendok lebih kaku teksturnya serta ukurannya cenderung lebih kecil dan meroset.

Berikut manfaat Pakcoy untuk kesehatan.

1. Melindungi Kesehatan Mata
Berbicara tentang kesehatan mata, sayuran pertama yang banyak orang pikirkan adalah wortel. Wortel kaya akan beta-karoten yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata terkait usia. Nah, pakcoy juga mengandung vitamin A dan beta-karoten. Satu porsi pakcoy mengandung lebih dari setengah asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil
Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam pakcoy. Kandungan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Menurut sebuah artikel di American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 4.700 miligram kalium setiap hari dapat menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Pakcoy kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan vitamin K, yang semuanya penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

4. Menjaga Kehamilan
Selama kehamilan, kebutuhan akan folat mengalami peningkatan. Asupan folat yang tidak mencukupi dapat menyebabkan komplikasi, seperti spina bifida dan anencephaly. Memasukkan sayuran berdaun gelap ke dalam asupan makanan bumil, seperti pakcoy dapat membantu bumil memenuhi kebutuhan folat yang meningkat untuk memastikan kehamilan sehat

5. Meningkatkan Kesehatan Kekebalan Tubuh
Selenium pada pakcoy dapat membantu berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat, memungkinkan tubuh untuk lebih efektif melawan bakteri dan virus berbahaya.

6. Melawan Peradangan
Seperti sayuran berdaun hijau gelap lainnya, pakcoy adalah sumber quercetin flavonoid yang sangat baik. Quercetin dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan berbagai masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, pakcoy juga kaya akan serat, yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan dapat membantu mencegah kanker usus besar.
 

Berita Lainnya

Index