Daun Kemangi, Yuk Intip Manfaatnya

Daun Kemangi, Yuk Intip Manfaatnya
Foto: Bola.com

Daun kemangi, atau disebut juga sebagai ocimum basilicum var. citriodorum, adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Kemangi memiliki beragam kandungan yang menjadikannya tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kita. 
Berikut Manfaat dari daun kemangi.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat daun kemangi bagi kesehatan salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 
Daun kemangi mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Selain meningkatkan aroma hidangan, fungsi daun kemangi juga bisa menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. 

3. Mengurangi Stres Oksidatif
Salah satu kegunaan daun kemangi adalah dapat mengurangi stres oksidatif. Pasalnya, tanaman herbal ini mengandung senyawa yang disebut eugenol, antosianin, dan beta-karoten.

4. Mengurangi Peradangan
Ada berbagai jenis minyak atsiri yang terkandung di dalam daun kemangi, mulai dari eugenol, linalool, dan citronellol. Ketiga senyawa tersebut berperan dalam melawan peradangan dalam tubuh. 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Eugenol dalam daun kemangi juga berperan dalam memblokir saluran kalsium. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Tak hanya itu, kemangi juga mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan aliran darah. Kandungan tersebut dapat membuat otot dan pembuluh darah menjadi lebih rileks. 

6. Baik untuk Kesehatan Mental
Selain memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh, ternyata daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Daun berwarna hijau ini memiliki senyawa yang mampu meredakan kecemasan dan depresi. Mengonsumsi kemangi juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir jernih dan menurunkan risiko penurunan memori terkait usia. 
 

Berita Lainnya

Index