Bayam, Enak dan Kaya Manfaat

Bayam, Enak dan Kaya Manfaat
Foto : Dok. Pribadi

Bayam adalah tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh. 

Berikut manfaat dari bayam.

1. Menurunkan risiko gejala asma
Bayam kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua nutrisi ini dapat membantu fungsi paru-paru, sehingga dapat membantu mengurangi keparahan gejala asma dan mengurangi risiko serangan berulang.

2. Menjaga kesehatan tulang
Bayam mengandung vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh. Mulai dari bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine.

3. Mengoptimalkan kesehatan rambut
Karena mengandung banyak vitamin A, makanan sehat ini dapat memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut. 

Ketika folikel rambut menjadi lebih sehat, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Bayam kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. 

5. Meningkatkan kesehatan kulit
Sayuran ini mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga produksi kolagen. Ketika kolagen terpelihara dengan baik, maka kulit akan menjadi lebih sehat.

Kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kulit akibat kerusakan kolagen, seperti kulit kusam hingga kulit yang mengendur. Bahkan, kerutan halus akan menghilang jika kolagen pada kulit terjaga dengan baik.

6. Menjaga kesehatan mata
Mengonsumsi sayuran berdaun hijau ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran hijau ini.

7. Menjaga tekanan darah
Bayam juga mengandung nitrat yang berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan jantung. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsinya secara teratur, agar kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Berita Lainnya

Index