Manfaat Kacang Merah

Manfaat Kacang Merah
Foto: Bola.com


Kacang merah terkenal juga sebagai red bean atau kidney bean menjadi salah satu jenis kacang yang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi.
Berikut manfaat dari kacang merah.

1. Mengontrol jumlah asupan makanan
Kandungan protein dan serat dalam kacang ini dapat membantu kamu dalam mengontrol asupan makanan. Protein mampu menurunkan kadar hormon atau ghrelin yang berkaitan dengan rasa lapar.

Selain itu, kandungan serat pada jenis kacang ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melalui proses pencernaan. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengontrol jumlah asupan makanan.

2. Mengontrol Berat Badan
Manfaat kacang merah untuk kesehatan termasuk untuk mengontrol dan menurunkan berat badan. Hal ini penting untuk mencegah obesitas dan penyakit yang berkaitan dengan berat badan. 

Serat dan protein dalam kacang ini adalah dua elemen terpenting dari rasa kenyang. Karena faktanya, mengonsumsi kacang merah dapat mengontrol nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

3. Mengoptimalkan Energi 
Kandungan mangan dalam kacang ini baik untuk mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh. Proses ini merupakan penguraian nutrisi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

4. Mengeluarkan Racun dari Tubuh 
Kandungan molibdenum yang terdapat pada kacang merah menjadi salah satu zat yang berfungsi untuk mengeluarkan racun, atau zat berbahaya dari dalam tubuh.

5. Membantu Mengatur Gula Darah
Kacang merah tinggi karbohidrat kompleks serta kaya serat. Tubuh mencerna karbohidrat kompleks dengan lambat. Artinya, karbohidrat memasuki aliran darah dari waktu ke waktu, bukan sekaligus. 

Karbohidrat yang dicerna secara perlahan, membuat tingkat energi yang stabil selama berjam-jam setelah kamu makan.

 

Berita Lainnya

Index