Tiga Cara Belajar Efektif dan Cepat Ala Elon Musk

Tiga Cara Belajar Efektif dan Cepat Ala Elon Musk

Nama Elon Musk tentu bukanlah nama yang baru dikenal. Tokoh ini sudah begitu familiar di mata dunia karena sederet pencapaian hidup dan prestasi individunya yang berhasil memotivasi banyak orang.

Karena menjadi tokoh inspiratif, baik ucapan maupun perilakunya tak jarang mencuri perhatian banyak kalangan. Dalam bidang pendidikan misalnya, ada tiga cara efektif dan cepat menurut Elon Musk agar berhasil dalam belajar.

Apa sajakah tiga cara belajar itu? Ini Informasi singkatnya. Mengutip dari akun Instagram konsultan pendidikan ke luar negeri Ican Education Yogyakarta, Rabu (2/11/2022) membagikan informasi cara belajar efektif dan cepat ala Elon Musk.

1. Metode First Principle

Metode ini mengibaratkan pengetahuan sebagai pohon. Untuk mencapai bagian daun harus memahami bagian akarnya terlebih dahulu.

First principle adalah dasar utama suatu hal yang diketahui dengan metode ini, kamu bisa belajar dan melakukan apapun secara sistematis. First principle ini pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Yunani, Aristoteles. 

2. Banyak Membaca Buku 

Hampir semua miliarder dunia seperti Bill Gates dan Warren Buffet memiliki hobi membaca buku. Elon Musk membaca semua jenis buku tanpa pilih-pilih. 

Menurutnya yang dibaca atau dipelajari bisa berkaitan dengan suatu hal di masa depan. Teknik belajar ini disebut learning transfer atau transfer materi. Cara belajar ini cukup efektif untuk mengembangkan cara berpikir kreatif Elon Musk. Contohnya saat dia mendirikan perusahaan Tesla Motors. 

3. Bergaul dengan Orang-Orang Pintar

Lingkungan juga sangat memengaruhi cara berkembang seseorang. Hal tersebut juga disadari oleh Elon Musk. 

Jika kamu mau belajar lebih efektif di satu bidang, bertemanlah dengan orang yang paham dengan bidang tersebut. Kamu bisa berdiskusi mengenai apa yang ingin diketahui dan minta saran agar bisa lebih berkembang.

Sumber: Kompas.com 

 

Berita Lainnya

Index