Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan
Foto : wikipedia

Lengkuas, laos atau kelawas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Lengkuas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditanam di Asia, seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia.

Lengkuas kerap dijadikan sebagai bumbu masakan khas Indonesia dan Asia. Tidak hanya mampu menyedapkan rasa makanan, ada banyak juga manfaat lengkuas bagi kesehatan.

1. Menghilangkan jerawat membandel
Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat teratasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam lengkuas. 

2. Meningkatkan imunitas tubuh
Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan lengkuas secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas.

3. Meredakan nyeri sendi
Lengkuas diduga dapat meredakan nyeri sendi, misalnya pada kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Sama jahe dan kunyit, lengkuas juga mengandung senyawa kimia antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi.

4. Meningkatkan kesuburan pria
Konsumsi lengkuas juga diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan kepada pria dengan kualitas sperma buruk, menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung lengkuas dapat membantu meningkatan kualitas sperma.

5. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol
Konsumsi lengkuas juga diyakini dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat ini mungkin diperoleh berkat kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mengurangi risiko terkena kanker
Selain beberapa manfaat di atas, lengkuas juga diduga membantu mengobati dan mencegah penyebaran sel kanker, seperti kanker kolon, kanker serviks, dan kanker payudara. Tentunya, masih dibutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut mengenai manfat lengkuas yang satu ini.

Berita Lainnya

Index