Tips Agar tidak Malu Saat Bicara di Ruang Publik

Tips Agar tidak Malu Saat Bicara di Ruang Publik
Foto: JawaPos.com

Berbicara di hadapan banyak orang mungkin terdengar mudah bagi sebagian orang yang sudah sering melakukannya. Namun, bagi sebagian lain yang belum pernah atau baru mau pertama kali melakukan itu tentu menjadi perkara sulit. Apalagi tidak didukung oleh kualitas tertentu yang dimiliki.

Nah, berikut ini penulis coba menyebutkan beberapa hal yang mesti disiapkan agar bicara di hadapan banyak orang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

1. Bangun Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah suatu kemutlakan ketika akan berbicara di hadapan banyak orang. Dalam situasi dan konteks ruang publik seperti apa pun, jika ada kepercayaan diri maka  akan mudah untuk berbicara.

2. Pahami dan Kuasai Situasi 

Situasi atau konteks ketika kita akan bicara juga menjadi salah satu indikator yang perlu dikenali dan dipahami jelang bicara. Mengingat situasi yang akan kita hadapi tentu akan mempengaruhi gaya bahasa serta materi seperti apa yang akan kita sampaikan.

3. Siapkan Kisi-Kisi Materi

Nah, kisi-kisi materi ini penting loh. Dengan menyiapkan kisi-kisi materi, kita memiliki panduan dalam berbicara. Dengan begitu, arah bicara kita teratur.

4. Latihan Sebelum Tampil

Peribaha Inggris Practice makes perfect tentu beralasan. Bahwasannya dari sering latihan, seseorang akan memiliki kecakapan tertentu. Sama halnya ketika akan berbicara di hadapan publik, berlatih terlebih dahulu akan memudahkan kita ketika bicara nantinya. Hal ini dimaksudkan supaya kita tidak mengalami yang namanya 'demam panggung'.

Nah, itu saja beberapa tips yang bisa penulis tawarkan agar ketika berbicara kita tidak merasa malu. Semoga bermanfaat ya!

Berita Lainnya

Index