Kaya Manfaat Kunyit

Kaya Manfaat Kunyit
Foto : Sehat AQUA

Kunyit, dengan nama latin Curcuma longa, merupakan tanaman yang berasal dari Asia.

Kunyit juga merupakan bumbu rempah yang mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, serat, vitamin, serta mineral. 

Kandungan nutrisi tersebut, terdapat berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah mampu meminimalkan risiko penyakit jantung. Berikut manfaat dari  kunyit.

1. Menghilangkan Rasa Mual 
Tak ada penelitian yang secara langsung membuktikan kunyit dapat meredakan mual. Namun, kunyit diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi efek samping dari kemoterapi.  Adapun mual merupakan salah satu efek samping yang umum terjadi dari pengobatan kanker tersebut.

2. Meredakan Nyeri Haid
Wanita Indonesia mungkin sudah akrab dengan jamu kunyit asam yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. 

3. Meredakan Peradangan
Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang. Efek ini diketahui berpotensi untuk mengatasi berbagai penyakit yang terkait peradangan. 
Penyakit peradangan yang dimaksud meliputi sindrom koroner akut, radang sendi, kolitis ulseratif, alergi, dan infeksi.

4. Mengobati Maag
Kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami.
Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati bahwa kurkumin dapat meningkatkan produksi lendir dinding lambung.
Lendir inilah yang akan melindungi lambung dari iritan-iritan penyebab peradangan dan luka di lambung yang menimbulkan gejala maag.

5. Mengendalikan Gula Darah
Jika Anda punya diabetes, tidak ada salahnya mencoba pengobatan alami untuk mengendalikan gula darah agar tetap stabil. Salah satu yang bisa Anda coba adalah kunyit.

6. Mengobati dan Mencegah Kanker
Kandungan kurkumin dalam kunyit memang punya banyak khasiat. Salah satunya, yaitu memiliki efek antikanker.

7. Mencegah Penyakit Jantung
kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.
 

Berita Lainnya

Index