Tahukah Kamu, Manfaat Daun Kelor

Tahukah Kamu, Manfaat Daun Kelor
Foto : wikipedia

Kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman multiguna yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan tanaman lainnya. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai macam kondisi tanah serta memerlukan pengairan yang minim (dapat hidup di wilayah tropis). 

Seluruh bagian tanaman kelor bermanfaat, mulai dari daun, bunga, polong, akar, biji, dan getahnya berpotensi untuk kesehatan. Namun, masyarakat pada umumnya masih memanfaatkan daun kelor sebagai sayuran ataupun obat.


Berikut Manfaat Daun Kelor.
1. Mencegah diabetes: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
2. Mengurangi peradangan: Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong dan biji-bijian. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.
3. Menurunkan kolestrol: Manfaat daun kelor untuk kesehatan dalam bentuk serbuk, baik untuk jantung yang sehat, terutama dalam mengontrol lipid darah, mencegah pembentukan plak di arteri, dan menurunkan kadar kolesterol.
4. Melawan radikal bebas: Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan dalam daun Moringa oleifera atau kelor. Antioksidan adalah senyawa yang berperan melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.
5. Menurunkan berat badan: Penelitian telah melihat efek suplemen yang mengandung kelor dapat menurunkan berat badan
6. Mencegah kanker: Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Perkembangan kanker yang sering tidak disadari membuat banyak orang yang terkena kanker, biasanya menyadari telah terkena kanker setelah memasuki stadium yang parah. Hal ini disebabkan proses pembentukan sel kanker memang membutuhkan waktu yang cukup lama.
7. Mendukung Kesehatan Otak: Manfaat daun kelor untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif dipengaruhi oleh aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan.
 

Berita Lainnya

Index