Waduh! Diduga Peras Turis Taiwan di Bali, Bea Cukai RI Jadi Viral Diulas Media Asing

Waduh! Diduga Peras Turis Taiwan di Bali, Bea Cukai RI Jadi Viral Diulas Media Asing

BESTIENEWS.COM - Seakan belum usai, Bea Cukai RI kini jadi sorotan media asing. Petugas bea cukai diduga melakukan pemerasan terhadap turis Taiwan di Bali.

Dilansir dari portal berita CTS, dugaan pemerasan ini dialami seorang turis Taiwan yang baru tiba di Bali untuk berlibur akhir pekan lalu.

Ketika tiba di bandara Bali, turis Taiwan tersebut mengeluarkan ponsel untuk mengambil foto dan mengabari sopir yang akan membawa rombongan mereka.

Tak lama setelah mengeluarkan ponsel, ia didatangi oknum petugas bea cukai kemudian dibawa ke sebuah ruangan kecil dan gelap untuk diinterogasi.

Ketika diinterogasi dan dilakukan berbagai pemeriksaan, turis tersebut sudah mencoba menjelaskan alasannya mengeluarkan ponsel dan mengambil gambar. Namun, pemberitaan di CTS menyebut, oknum bea cukai itu menolak penjelasan sang turis.

Awalnya, ia diminta untuk membayar uang denda sebesar US$4.000 atau setara Rp60 juta. Turis itu pun sampai harus berpura-pura tak punya uang untuk menghindar dari kewajiban membayar denda sebesar itu.

Setelah bernegosiasi dan karena dianggap baru melakukan pelanggaran pertama, ia akhirnya hanya dimintai denda US$400 saja atau sebesar Rp 6 juta.

"Rasanya seperti mengeksploitasi turis. (Dengan cara ini) orang takut pergi, harus ada kantor Taiwan untuk mencari bantuan jika menghadapi situasi seperti ini," kata turis tersebut, dikutip dari detik.

Pengambilan gambar di bandara Indonesia memang dilarang. Namun, pelanggar seharusnya hanya diminta untuk menghapus foto, tak ada denda khusus dengan sejumlah uang. Apalagi jumlah denda itu bisa dinegosiasikan.

Sebelumnya, Bea Cukai Indonesia juga tengah disorot selama beberapa waktu terakhir, buntut berbagai keluhan dari masyarakat yang ramai di media sosial. Salah satunya dugaan pungli oleh oknum bea cukai agar piala seorang WNI pemenang lomba menyanyi di Jepang bisa masuk dibawa pulang.

Ada pula kasus saat koper putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid, yang diacak-acak Bea Cukai setiba dari konferensi di Taiwan. (*)

 

 

 

Berita Lainnya

Index