8 Makanan dan Minuman yang Enak Disantap Saat Hujan

8 Makanan dan Minuman yang Enak Disantap Saat Hujan
Foto : wikipedia

Musim hujan sedang berlangsung. Suhu udara juga menjadi lebih dingin. Untuk menghangatkan tubuh ada banyak makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat hujan. 

Berikut makanan dan minuman yang bisa membantu membuat tubuh terasa lebih hangat.

1. Mi rebus
Aneka mi rebus yang masih panas dan mengepul menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dimakan saat musim hujan. Anda bisa menggunakan mi instan atau mi telur dan dimasak sendiri.
Agar semakin lengkap, mi bisa disajikan dengan tambahan telur, bakso, ayam, dan sayur yang membuat olahan hangat ini jadi lebih bergizi.

2. Soto
Cita rasa gurih yang hadir ditambahkan dengan kuah hangat menjadikan soto jadi makanan yang cocok dikonsumsi saat hujan. Agar lebih segar, Anda bisa memberikan perasan jeruk nipis pada semangkuk soto.

3. Sup
Kuah kaldu yang dicampur dengan rempah-rempah mampu meningkatkan suhu tubuh saat hujan. Sup bisa dinikmati sendiri atau disantap bersama nasi. Ragam pilihan sup mulai dari sup ayam hingga sup buntut cocok dilahap di musim hujan yang dingin.

4. Bakso
Bakso jadi salah satu jajanan yang disukai banyak orang. Bakso biasanya hadir dengan kuah yang hangat dan gurih. Semangkuk bakso saat hujan bisa membantu menghangatkan tubuh.

5. Tekwan
Hidangan khas Palembang ini merupakan makanan yang banyak dicari ketika suhu sedang dingin.
Tekwan berasal dari bahan dasar yang sama dengan pempek, yakni ikan tenggiri dan sagu. Bedanya, tekwan disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih, mirip seperti bakso.

6. Bajigur-bandrek
Bajigur adalah minuman yang terbuat dari gula aren dan santan. Sementara bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Kehadiran jahe membuat minuman satu ini sangat cocok diminum saat hujan.

7.Wedang Ronde
Seporsi wedang ronde bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Wedang ronde berisi olahan tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni dan diisi gula merah, kemudian disiram dengan kuah jahe manis panas dan kacang tanah.

8. Teh lemon panas
Kaya akan vitamin C, lemon tea atau teh lemon adalah salah satu minuman yang akan memberikan sensasi hangat di tenggorokan Anda.
Anda bisa mencoba untuk menyeduh teh seperti biasa dan tambahkan sedikit perasan lemon ke dalamnya. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.

Berita Lainnya

Index