Pasien Cacar Monyet Terus Bertambah

Pasien Cacar Monyet Terus Bertambah
Foto : kompas.com

Kasus cacar monyet atau Mpox pertama kali teridentifikasi tahun 2022. Pasien saat ini terus bertambah. Menurut Kementerian Kesehatan RI sampai Rabu, 25 Oktober 2023 berjumlah 15 orang.
Seluruh pasien berjenis kelamin pria yang berdomisili di DKI Jakarta. Rentang usia pasien 25-35 tahun. Dilansir dari detik.com, Juru bicara Kementerian Kesehatan RI menyatakan positif rate PCR 44 persen, semua tertulah dari kontak seksual.
Jika dibandingkan tahun lalu, penemuan kasus Mpox di 2023 relatif signifikan. Dalam lebih dari satu pekan, dilaporkan 14 orang terpapar Mpox. dr Syahril menyebut seluruh pasien saat ini menjalani perawatan intensif hingga gejala tidak lagi ditemukan. Sebab, selama gejala muncul, risiko penularan amat tinggi.
"Semua bergejala ringan," katanya.
Kebanyakan pasien mulanya mengeluhkan demam, hingga nyeri otot, yang disertai muncul lesi di area genital atau kemaluan hingga perianal. Gejala khas Mpox yang kerap dilaporkan adalah pembesaran kelenjar getah bening.
Masyarakat diimbau untuk mewaspadai risiko penularan dengan menghindari kontak langsung dengan pasien, pemakaian handuk dan alat bersama dengan pasien, lantaran benda yang terkontaminasi juga bisa menjadi media penularan, serta menghindari aktivitas seks yang berisiko.

Berita Lainnya

Index