Gempa Bumi M 4,3 Guncang Pangandaran-Jabar

Gempa Bumi M 4,3 Guncang Pangandaran-Jabar
Foto: Detik.com

Gempa bumi berkekuatan M 4,3 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Gempa terjadi pada Selasa (24/10/2023) pagi tadi pukul 05:47 WIB. 

Adapun gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8.19 LS dan 107.9 BT dan titik pusat gempa berada di laut pada jarak 85 km Barat Daya, Kabuptaen Pangandaran pada kedalaman 26 km.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. Gempa ini juga menyasar beberapa tempat lainnya.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cisurupan, Bayongbong, Cikajang, Pamengpeuk, Pamarican, dan Indihiang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," tulis akun resmi BMKG Bandung.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan lebih lanjut berkaitan dengan kerusakan bangunan ataupun dampak gempa bumi lainnya. Namun, hingga pukul 06:02 WIB masih ada gempa susulan.

Berita Lainnya

Index