Terasa di Kuta, Denpasar hingga Blitar, Kalsel Diguncang Gempa M 7,4

Terasa di Kuta, Denpasar hingga Blitar, Kalsel Diguncang Gempa M 7,4

BESTIENEWS.COM - Gempa bumi magnitudo (M) 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel). Gempa ini dirasakan di Lombok, Bali, hingga Blitar, Jawa Timur.
"Pusat gempa berada di laut 180 km Tenggara Tanah Bumbu," tulis BMGK di laman resminya, Selasa (29/8/2023).

Gempa terjadi pada pukul 02.55 WIB. Warga diminta waspada potensi gempa susulan.

"Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," jelasnya.

BMKG mencatat gempa ini dirasakan pada skala MMI V di Kuta, Bali. Gempa dirasakan pada skala MMI IV di Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok. Pada skala MMI III-IV di Karankretes.

Gempa dirasakan pada skala MMI III di Kuta Setalan, Tabanan, Bali. Pada skala MMI II-III di Trenggalek dan skala MMI II di Blitar serta Bantul, DIY.

Pada skala MMI V getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. Pada skala MMI IV pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara pada skala MMI III getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. (*)

 

Berita Lainnya

Index