Terkuak, Polusi Udara di Jakarta Disebabkan 3 Hal Ini

Terkuak, Polusi Udara di Jakarta Disebabkan 3 Hal Ini

BESTIENEWS.COM - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) membeberkan biang kerok polusi udara di Jakarta. Sektor transportasi jadi yang paling besar.

Menurut Deputi Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin, polusi udara terbentuk karena dua hal. Pertama, hasil dari proses pembakaran yang tidak sempurna dan juga debu.

Namun, bila dilihat dari sumbernya, berdasarkan data Vital Statistics DKI Jakarta, Rachmat membeberkan ada 9 sumber emisi. Tiga teratas adalah sektor transportasi, kedua dari sektor industri, dan ketiga dari pembangkit listrik.

"Ada 9 data points sumber emisi, parameternya. Kalau dilihat big three, pertama transportasi, kedua industri, dan ketiga pembangkit listrik," ujar Rachmat dikutip dari Energy Corner CNBC, Selasa (22/8/2023).

Bila dirinci lagi, dari data Vital Statistic Jakarta ada sekitar 5 polutan yang berbahaya dan muncul di Jakarta. Mulai dari SO2, NOX, CO, PM 10, dan PM 2,5. Polutan PM 2,5 menjadi yang paling berbahaya karena sangat kecil dan bisa masuk paru-paru.

"Dari data itu, 4 dari 5 polutan yang ada di studi tersebut, keluar dari sektor transportasi terbesar," kata Rachmat.

Bila dilihat jumlah kontribusi pengeluaran PM 2,5, yang merupakan polutan paling berbahaya, sektor transportasi menumbangkan 67%, sektor industri 26,8%, kemudian sektor pembangkit listrik 5,7%.

Menurutnya, terhitung ada sebanyak 20 juta lebih kendaraan bermotor yang ada di Jakarta. Hal ini yang membuat sektor transportasi menjadi penyumbang polusi terbesar.

Hal itu belum terhitung dari kendaraan yang keluar masuk Jakarta beserta bus dan truk yang juga menjadi penyumbang polusi di Ibu Kota. Selain itu, penyumbang terbesar polusi di Jakarta lainnya seperti dari sektor industri dan pembangkit listrik juga menghasilkan polutan yang berbahaya bagi tubuh manusia. (*)

 

Berita Lainnya

Index