Senyum Tak Hilang, Paskibra Pembawa Baki Bendera Tetap Fokus Meski Sepatu Copot

Senyum Tak Hilang, Paskibra Pembawa Baki Bendera Tetap Fokus Meski Sepatu Copot

BESTIENEWS.COM - Momen tidak biasa terjadi usai pengibaran Bendera Merah Putih di Upacara Peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia (RI). Pembawa baki bendera merah putih, Lilly Indriani Suparman Wenda, tetap tersenyum meski salah satu sepatunya terlepas.

Momen lepasnya sepatu itu terjadi saat Lilly dan Tim Paskibraka selesai mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023). Saat akan kembali ke lokasi mereka bersiap, sepatu Lilly sebelah kiri tampak sudah terlepas.

Awalnya, tidak jelas saat prosesi apa sepatu Lilly terlepas. Setelah ditelusuri, ternyata sepatu Lilly terlepas saat hendak melakukan posisi jalan di tempat.

Meski demikian, Lilly terlihat tetap siaga dan tersenyum dan terus menyelesaikan tugasnya sebagai pembawa baki bendera merah putih hingga akhir. Senyum pelajar perwakilan Papua Pegunungan itu tetap mengembang meski hanya memakai satu sepatu sebelah kanan.

Detik-detik Sepatu Lilly Lepas Sebelah
Dilihat dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023), awalnya sepatu Lilly masih terpasang saat menerima bendera pusaka dari Presiden Joko Widodo di mimbar kehormatan. Dia dengan hati-hati turun membawa bendera pusaka ke area lapangan Istana Merdeka.

Tiga orang petugas pengibar bendera lalu membuat barisan di depan tiang bendera. Lilly yang masih memegang baki berisi bendera pusaka lalu terlihat bergeser ke arah kanan.

Lilly Wenda lalu menyerahkan bendera merah putih kepada petugas pengibar bendera. Di momen ini sepatu Lilly masih terpasang di kakinya.

Sang Merah Putih lalu berkibar di langit Istana Merdeka. Tim Indonesia Maju, tim paskibraka pengibar bendera itu lalu bersiap meninggalkan lapangan.

Saat tengah melakukan posisi jalan di tempat, sepatu kiri yang dikenakan Lilly Wenda tampak terlepas. Namun, tidak ada kepanikan yang tampak dari Lilly Wenda dan petugas paskibraka.

Lilly Wenda dan Tim Indonesia Maju lalu pergi meninggalkan lokasi. Suara tepuk tangan terdengar saat tim paskibraka tersebut selesai menuntaskan tugas pengibaran bendera.

Lily menceritakan pengalamannya sebagai paskibraka pembawa baki. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lilly Cerita Tantangan Bawa Baki Saat Sepatu Lepas
Lilly kemudian menceritakan pengalamannya tetap tenang saat sepatunya lepas sebelah. Hal itu menjadi tantangan berat bagi Lilly Wenda yang bertugas sebagai pembawa baki.

"Formasi itu yang sepatunya kelepas kan. Tantangan banget menyesuaikan tangan, karena (sepatu) kiri aja yang kelepas kan. Itu challenge banget," kata Lilly dalam wawancara yang diunggah Youtube Sekretariat Kepresidenan, Kamis (17/8/2023).

Paskibraka Lilly Wenda Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Lilly Wenda mengaku bangga dan bahagia bisa menjadi pembawa baki saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

"Dari awal itu nggak jadi (pembawa) baki. Dari serpihan kiri, seiring berjalan waktu pelatih kasih terus baki, baki. Lancar semuanya," ucap siswa SMAN 1 Wamena ini.

Ketenangan Lilly Wenda saat sepatu lepas sebelah juga diapresiasi rekannya sesama Paskibraka, Alfin Alfarisi. Remaja asal Sumatera Barat ini kagum dengan sikap Lilly.

"Lilly keren banget. Walaupun sepatunya lepas, dapat melanjutkan tugasnya, dapat terus melangkah sampai titik akhir," ucap Alfin.

Profil Singkat Lilly
Berdasarkan informasi yang dibacakan MC, di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023) Lilly Indriani merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan. Lilly Wenda lahir di Wamena pada 15 Mei 2007. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Lilly tergabung dalam Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera. Selai Lilly, 3 anggota lainnya ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (15/8) di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia. (*)

 

Berita Lainnya

Index