10 Orang Tewas Akibat Pesawat Jatuh di Selangor Malaysia

10 Orang Tewas Akibat Pesawat Jatuh di Selangor Malaysia

BESTINEWS.COM - Sebuah pesawat yang berisi delapan orang di dalamnya jatuh di jalan raya dekat Shah Alam di negara bagian Selangor, Malaysia hari ini. Polisi memastikan bahwa ada 10 orang tewas atas insiden ini.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (17/8/2023) Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) mengatakan kecelakaan itu terjadi di Kota Elmina, Shah Alam. Pihaknya menambahkan bahwa total ada enam penumpang dan dua awak pesawat berada di dalamnya.

Menurut Bernama, polisi telah mengkonfirmasi bahwa sepuluh penduduk setempat tewas akibat kecelakaan itu. Penerbangan itu dijadwalkan mendarat di Subang pada pukul 14.49, menurut New Straits Times (NST).

"Pesawat yang dioperasikan oleh Jetvalet Sdn Bhd berangkat dari Bandara Internasional Langkawi pada pukul 14.08 menuju Bandara Sultan Abdul Aziz Shah," kata CEO CAAM Norazman Bin Mahmud.

"Pada pukul 14.51, Menara Pengawas Lalu Lintas Udara Subang mengamati asap yang berasal dari lokasi kecelakaan tetapi tidak ada panggilan mayday yang dilakukan oleh pesawat," lanjutnya.

Dia menambahkan Pusat Koordinasi Penyelamatan Penerbangan Kuala Lumpur (KL ARCC) telah diaktifkan untuk mengoordinasikan misi pencarian dan penyelamatan.

"Investigasi keselamatan akan dilakukan oleh Biro Investigasi Kecelakaan Udara di bawah Kementerian Transportasi Malaysia sesuai dengan Peraturan Penerbangan Sipil Bagian XXVI 2016," kata Mr Norazman.

Ia memastikan pesawat tersebut adalah Beechcraft Model 390 (Premier 1) dengan nomor registrasi N28JV.

Menurut Kementerian Pembangunan Pemerintah Daerah, sebuah sepeda motor ditabrak pesawat dan petugas pemadam kebakaran telah tiba di lokasi untuk pemadaman kebakaran dan operasi penyelamatan.

Kepala polisi distrik Shah Alam Mohd Iqbal Ibrahim, yang mengkonfirmasi kejadian tersebut, mengatakan bahwa tim polisi juga telah dikirim ke lokasi, menurut Bernama.

Posting di platform media sosial X menunjukkan bagian jalan raya yang terbakar di Elmina, Shah Alam dengan asap mengepul dari api di jalan raya.

Daerah itu juga tampaknya telah ditutup oleh otoritas Malaysia.

Pesawat dilaporkan jatuh ke tanah dan meledak saat terjadi benturan, menurut Free Malaysia Today, mengutip China Press. (*)

 

Berita Lainnya

Index