UMR Jakarta Lewat, Viral Stroberi Termahal di Dunia

UMR Jakarta Lewat, Viral Stroberi Termahal di Dunia

BESTIENEWS.COM - Stroberi asal Jepang bernama Bijin-Hime viral karena harganya sangat mahal. Memangnya seistimewa apa sih stroberi ini?

Pepatah ada rupa ada harga agaknya cocok menggambarkan stroberi Bijin-Hime yang dijuluki Putri Cantik. Stroberi ini menarik perhatian karena dijual dengan harga tinggi. Asal traveler tahu, satu buah stroberi ini dihargai 50.000 yen atau sekitar Rp 5,3 juta. Harga tersebut di atas UMR Jakarta Rp 4,9 juta.

Harganya yang mahal tak terlepas dari kualitasnya yang unggul. Stroberi 'sultan' itu berukuran jumbo, kira-kira sebesar bola tenis. Beratnya sekitar 100 gram.

Meskipun berukuran besar, rasa stroberi ini tidak hambar. Dilansir dari Oddity Central, Kamis (3/8/2023) stroberi Bijin-Hime memiliki rasa yang manis.

Bila diukur, tingkat kemanisannya adalah 13 derajat Brix. Rasanya lebih manis dari stroberi pada umumnya yang umumnya hanya 10 derajat Brix.

Selain itu, Bijin-Hime juga punya tekstur yang sempurna. Stroberi ini berada di tengah-tengah antara lembut dan keras.

Keunggulan lainnya, warna stroberi ini juga amat menggoda iman. Kulitnya mulus dan bersinar. Warna merah segar juga membuat siapapun akan tergiur untuk mencicipinya.

Stroberi ini dikembangkan petani Jepang bernama Mikio Okuda. Beliau sudah menjadi petani selama 45 tahun dan menggunakan pengalamannya untuk membuat stroberi dengan kualitas unggul.

Kendati sudah berpengalaman, Okuda juga mengalami kesulitan sebelum mendapatkan Bijin-Hime. Ia harus melalui masa percobaan selama 15 tahun.

Okuda memilih menanam stroberi itu pada musim dingin. Dia selalu memantau suhu tanah dan udara di dalam rumah kacanya yang terletak di Hashima, Prefektur Gifu.

Pematangan yang lambat mungkin merupakan salah satu rahasia di balik rasa manis stroberi ini. Akan tetapi Okuda merasa prosesnya masih belum sempurna karena beberapa stroberi malah menjadi berbentuk seperti bola dan tidak cocok dijual.

CNN melaporkan, Okuda hanya menghasilkan sekitar 500 stroberi yang layak dijual ke pasar per tahun. Jadi tak heran, harganya semakin mahal karena langka.

Menariknya, tanaman stroberi Bijin-Hime semuanya adalah kloning dari tanaman asli yang dikembangkan oleh Mikio Okuda. Jadi petani tidak bisa begitu saja menanam stroberi itu dari bijinya. (*)

 

Berita Lainnya

Index