Top of Mind Survei Pilgub Jakarta, Anies Baswedan Teratas

Top of Mind Survei Pilgub Jakarta, Anies Baswedan Teratas
Ilustrasi kotak suara Pilkada 2024 (foto: tagar.id)

Bestienews.com- Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei versi 'Top of Mind' untuk para calon gubernur Jakarta. Hasilnya, Anies Baswedan menempati posisi teratas dengan raihan 39,7 % suara.

Selain Anies, ada juga dua nama lainnya yang menduduki posisi teratas Top of Mind masyarakat Jakarta. Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama dengan 23,8 % dan Ridwan Kamil dengan raihan 13,1 % suara.

Untuk diketahui, dalam survei tersebut, IPI tidak menyertakan siapa nama calon gubernur yang akan maju pada Pilkada Jakarta mendatang. Masyarakat Jakarta bebas menentukan dan memilih nama-nama mana yang ada di benak mereka masing-masing. Karena itu, survei ini dinamakan Top of Mind survei.

"Top of mind ini artinya kami tidak memberi informasi siapa calon gubernur yang akan disodorkan kepada pemilih karenanya mereka bebas memilih. Hampir 40% tepatnya 39,7% itu memilih Anies Baswedan.Ini kita sebut sebagai strong voters karena mereka menyebut nama calon gubernur tanpa kita brief nama-nama yang akan maju. Kemudian 23,8% itu menyebut nama Ahok, 13,1% menyebut nama Ridwan Kamil. Ini top 3," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, dalam rilis survei secara daring, Kamis (25/7/2024).

Adapun survei tersebut dilakukan pada 18-26 Juni 2024 dengan wawancara tatap muka. Populasi survei merupakan semua warga negara Indonesia di Jakarta yang memiliki hak pilih.

Jumlah sampel mencapai 800 responden dengan penarikan sampel menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin of error survei ini +- 3,5% dengan tingkat kepercayaan berada di angka 95%.

 

Berita Lainnya

Index