Respons Politisi PDIP tentang Pernyataan Prabowo yang "Bung Karno Seolah Milik 1 Partai"

Respons Politisi PDIP tentang Pernyataan Prabowo yang
Foto: Facebook Prabowo Subianto

Bestienews.com- Presiden terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto membuat pernyataan yang menuai respons dari petinggi PDIP. Isi pernyataan Prabowo itu berkaitan dengan kepemilikan terhadap Bung Karno, Bapak Proklamator sekaligus Presiden RI yang ke-1.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu, bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak. Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo dalam sambutannya di acara Rakornas PAN di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Terkait pernyataan tersebut, adalah politikus senior PDIP bernama Hendrawan Supratikno yang mempertanyakan pernyataan Prabowo. Hendrawan bertanya balik tentang siapa yang mengklaim anggapan seperti itu.

Sebaliknya Hendrawan justru setuju jika Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia.

"Siapa yang mengklaim Bung Karno hanya milik satu partai? Bung Karno milik kita semua," kata Hendrawan kepada wartawan, dilansir dari Detik.com Jumat (10/5).

Hendrawan mengatakan bahwa Bung Karno bersama Bung Hatta adalah Bapak Proklamator. Karenanya, ia menekankan bahwa Bung Karno dan para pahlawan lainnya menjadi milik bangsa Indonesia.

"Beliau adalah proklamator kemerdekaan, bersama Bung Hatta. BK dan para pahlawan bangsa lainnya adalah milik bangsa Indonesia, dan bahkan pemikirannya menginspirasi perjuangan bangsa-bangsa di berbagai belahan bumi," ujar dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto juga menyampaikan adanya dukungan dari para presiden terdahulu terhadap dirinya. Mulai dari nama Jokowi, SBY, hingga Gus Dur disebutkan Prabowo dalam sambutannya itu.

"Yang meng-endorse dan mendukung saya, pertama tentunya, udahlah nggak usah malu-malu, Presiden Jokowi, ya, kan? Apa lagi? Wajar itu, kenapa? Saya juga nggak pernah sembunyi, saya dulu lawan Pak Jokowi, tapi sekarang saya bagian dari tim Jokowi dan saya didukung Jokowi, mau apa saudara-saudara sekalian? Bener nggak? Nggak usah basa-basi lah," kata Prabowo.

"Tapi saya juga didukung oleh Presiden keenam Pak SBY, itu juga terang-terangan kan. Dan saya merasa saya juga didukung oleh Presiden Gus Dur. Kan beliau endorse aku terus-menerus, ya kan. Jadi beliau dukung saya dari langit, aku yakin beliau di belakang saya. Saya kira mungkin Pak Harto dukung saya juga kira-kira," lanjutnya.

Berita Lainnya

Index