Melihat Hasil Survei Elektabilitas AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Sejauh Ini

Melihat Hasil Survei Elektabilitas AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Sejauh Ini

Bestienews.com- Elektabilitas paslon capres-cawapres yang akan berlaga pada Pilpres Februari 2024 nanti tentu terus menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Apalagi Pemilu kini tinggal menyisahkan kurang dari 14 hari.

Dalam sepekan terakhir, ada dua lembaga survei yang merilis hasil survei mereka atas elektabilitas ketiga paslon yakni Anies-Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA misalnya, mengumunkan hasil survei yang dilakukan pada 16-26 Januari 2024.

Hasilnya, pasangan Prabowo Gibran masih unggul atas kedua paslon lain dengan menembus elektabilitas 50,7 %. Sementara, pasangan nomor urut 1 Anies-Imin berada di posisi kedua dengan 22 % dan disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan 19,7 %.

Lembaga survei lainnya yang juga merilis hasil survei nya pada sepekan terakhir ialah Political Weather Station (PWS). Hasil survei lembaga survei ini juga menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran menembus 52,3 %, disusul AMIN 21,3 %, dan Ganjar-Mahfud 19,7 %. Adapun hasil diperoleh dari survei pada 21-25 Januari 2024.

Berbeda dengan kedua lembaga survei di atas, kedua lembaga survei berikut menunjukan hasil yang lain. Tidak ada satu pun paslon yang menembus angka 50 %. Charta Politika misalnya, dari survei yang dilakukan pada tanggal 4-11 Januari lalu, hasilnya sebagai berikut: AMIN 26,7 %, Prabowo-Gibran 42,2 %, dan Ganjar-Mahfud 28 %. 

Sementara itu, Poltracking Indonesia yang melakukan survei pada 1 - 7 Januari 2024 lalu juga menunjukkan hasil survei  Prabowo-Gibran 46,7 %, AMIN 26,9 %,  Ganjar-Mahfud 20,6 %. 

Sumber: Detik.com dan CNBC Indonesia.com

 

Berita Lainnya

Index