Begini Paparan Sebaran Suara Pemilih Ketiga Paslon di Tiga Provinsi Besar Versi LSI Deny JA

Begini Paparan Sebaran Suara Pemilih Ketiga Paslon di Tiga Provinsi Besar Versi LSI Deny JA

Jumat, 29 Desember 2023, LSI Deny JA memaparkan hasil survei mereka terkait dengan sebaran pemilih paslon ketiga capres-cawapres pada Pilpres mendatang secara khusus di tiga provinsi dengan jumlah suara pemilih terbanyak. Begini hasil survei LSI Deny JA yang dilakukan pada 17-23 Desember 2023 itu.

Pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat dan Jawa Timur. Sementara pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud unggul di Jateng dan DIY.

"Jabar dan Jatim dikuasai oleh Prabowo-Gibran, sementara Jateng dan DIY dikuasai oleh Ganjar-Mahfud," ucap Direktur Konsultan Citra Indonesia-LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dilansir dari Detik.com Jumat (29/12/2023).

Sementara itu, ditinjau dari kategori kelas misalnya, menurut Adjie pasangan dari nomor urut 1 Anies-Cak Imin mampu mengungguli perolehan suara Ganjar-Mahfud untuk kategori pemilih menengah ke atas. Di saat bersamaan, Adjie juga mengatakan bahwa Mahfud MD belum tidak terlalu banyak membantu perolehan suara untuk Ganjar-Mahfud.

"Kita melihat masuknya Mahfud tidak terlalu banyak membantu Ganjar ya, memang beliau adalah tokoh yang punya daya tarik, punya track record, punya integritas di pemilih kelas menengah atas, karena konsistensi beliau di bidang penegakan hukum, namun di sisi lain kita lihat di kelompok kelas menengah atas ini sekarang lebih banyak diambil oleh pasangan Anies-Cak Imin," sebut Adjie.

Berikut, hasil lengkap survei LSI Deny JA dari Provinsi dengan kategori jumlah pemilih terbanyak.

Jawa Barat
- Prabowo-Gibran 45,5%
- Anies-Muhaimin 32,9%
- Ganjar-Mahfud 12,3%
- Suara tidak sah 1,2%
- Tidak tahu/tidak jawab 8,1%

Jawa Tengah-DIY
- Ganjar-Mahfud 52,1%
- Prabowo-Gibran 32,2%
- Anies-Muhaimin 9,5%
- Suara tidak sah 0,9%
- Tidak tahu/tidak jawab 5,3%

Jawa Timur
- Prabowo-Gibran 48,2%
- Ganjar-Mahfud 28,5%
- Anies-Muhaimin 15,1%
- Suara tidak sah 0,7%
- Tidak tahu/tidak jawab 7,5%



 

Berita Lainnya

Index