Daftar Jenis Ikan Aman dan Tidak Aman

Ketahui Cara Konsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat

Ketahui Cara Konsumsi Ikan Bagi Penderita Asam Urat
int

BESTIENEWS.COM, Penyakit asam urat belakangan ini menjadi trend di kalangan usia memasuki setengah abad, pola makan di masa muda kini tidak bisa lagi diterapkan bagi mereka yang sudah menderita beberapa penyakit seperti asam urat. Bisa-bisa salah mengerti akan membawa semakin parah.

Untuk itu penderita asam urat perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi aman dan tidak aman, terutama yang mengandung purin tinggi, termasuk beberapa jenis ikan. Namun, konsumsi ikan juga penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung asam lemak omega 3.

 Oleh karena itu, penderita asam urat perlu mengetahui jenis ikan yang aman dan tidak aman dikonsumsi. Berikut daftar jenis ikan yang disarankan untuk penderita asam urat:

1.Jenis ikan rendah purin: ikan pasir sailfin, ikan lele, flounder, ikan sol, kakap merah, ikan tilapia, dan monkfish (hanya daging).

2.Jenis ikan dan makanan laut dengan purin sedang (dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas): ikan pecak, ikan bass Jepang, flounder bergaris kuning, karper, tuna, trout pelangi, salmon, lobster, kepiting, dan tiram.

Namun, penderita asam urat perlu menghindari konsumsi ikan berpurin tinggi karena dapat meningkatkan risiko serangan atau kekambuhan. 

Berikut daftar jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat: Ikan berpurin tinggi: herring, sarden, ikan teri, ikan makarel, ikan salmon, ikan kod, dan ikan belut.

Penderita asam urat perlu memperhatikan jumlah dan jenis ikan yang dikonsumsi, serta memasaknya dengan cara yang tepat, seperti digoreng, direbus, dipanggang, atau dikukus. 

Hindari konsumsi ikan mentah, seperti sushi, karena dapat meningkatkan kadar asam urat. Dengan memperhatikan asupan makanan yang tepat, penderita asam urat dapat mengurangi risiko serangan dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jenis ikan ini harus dihindari penderita lantaran memicu serangan asam urat pada sendi. 

Sayangnya, beberapa jenis ikan paling populer dan banyak dinikmati masyarakat masuk dalam makanan tinggi purin ini. Berikut beberapa di antaranya: Ikan teri (kering): 1.109 mg Makarel: 246 mg Bonito: 211 mg Sarden: 306 mg. Ikan dengan kadar purin tinggi lain, termasuk ikan haring, mackerel, kerang, dan ikan trout.(BST).

 

Berita Lainnya

Index