Jadi Ciri Khas sendiri

Mutiara Azka Suarakan Isu Kesehatan Mental Lewat Karya Lagu

Mutiara Azka Suarakan Isu Kesehatan Mental Lewat Karya Lagu
Mutiara Azka

BESTIENEWS.COM:  Penyanyi Mutiara Azka termasuk musisi yang begitu vokal terhadap isu kesehatan mental atau mental health. Ia mengatakan, sudah vokal terhadap isu tersebut sejak tahun 2018 lalu. Bahkan, sebelum ia masuk ke ajang Indonesian Idol.

"Karena orang menganggap aku sosok yang ceria enggak pernah sedih, di sosial media emang nge-brandingnya seperti itu. Tapi sebenernya untuk masalah mental health issue aku cukup mulai aktif menyuarakan sejak 2018 maybe," kata Azka saat ditemui di kantor KapanLagi.com belum lama ini.

Azka percaya bahwa kesehatan mental merupakan isu penting yang harus dinormalisasi secara terbuka supaya siapapun yang mengalaminya bisa mendapatkan bantuan. Sebagai penyanyi, ia mencoba menghadapi situasi tersebut lewat berkarya. 

"Sebenernya aku berkarya tentang itu sih, single yang diproduksi ataupun rap aku, kan rap juga, aku rap tentang isu sosial, anak, mental health, sampai akhirnya, ini sebelum idol," ujar Azka. 

Description: •1. Sempat Ogah Terjun ke Dunia Entertainment

Penyanyi 26 tahun ini merasa bahagia menjadi aktivis yang bersuara soal isu kesehatan mental. Karena sudah merasa bahagia dan nyaman menjadi aktivis isu kesehatan mental, Azka mengaku ogah terjun di dunia entertainment.

"Setelah aku teliti tadinya aku enggak mau di musik sama sekali, karena aku didoktrin, enggak ada uangnya, entertainment enggak ada privasi. Akhirnya aku menyadari dari pendewasaan dengan kejadian di hidup aku. Aku nyaman di sini aku maunya di entertainment, aku enggak mau terikat sama full time job gitu, kan," ujarnya.

2. Suarakan Isu Kesehatan Mental Lewat Karya Lagu

Menyuarakan isu kesehatan mental sebenarnya bukan hanya lewat diskusi maupun hadir dalam sebuah acara khusus. Tapi, bisa juga menyuarakan hal tersebut lewat musik. Maka dari itu, Azka yang awalnya ogah terjun di dunia entertainment akhirnya luluh dan mau menyuarakan isu-isu tersebut melalui karya lagu.

"Aku dipercaya itu aku les lah, voice akting bahasa isyarat, konten kreator story telling, aku lesin semuanya ya udah. Tapi aku enggak mau lepas nih aktivisnya, aku selalu bawa value. Karena aku orang yang mungkin orang ciri khas penyanyi ini kan how not nya, kalo ciri khas aku lebih ke pesannya, lirik-liriknya," katanya.

3. Dukungan Orang Tua

Beruntung, Azka sendiri mempunyai orang tua yang selalu mendukung apa yang diinginkan oleh sang anak. Meskipun yang ia lakukan saat itu belum ada penghasilan tetap, namun orang tuanya tetap memberikan support buat sang anak untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

"Terus ya udah, itu belum ada penghasilan tetap, kayak semi pengangguran lah. Tapi aku bisa bertahan karena privilege dari finansial orang tuaku masih kasih bulanan pada saat itu, walaupun itu enggak seberapa. Tapi cukup lah buat aku hidup. Cukup terharu lah sampe sekarang mama papa aku support mimpi mimpi aku segitunya," pungkas Azka.BN/KLC/FN

Berita Lainnya

Index