Demi Kemanusiaan

Walah, 152 Pengungsi Rohingya Asal Aceh Bakal Pindah Ke Pekanbaru

Walah, 152  Pengungsi  Rohingya  Asal Aceh Bakal Pindah Ke Pekanbaru
Int

BESTIENEWS.COM, Pekanbaru adalah Kota yang kondusif untuk jadi penampungan para Imigran asal negara Afganistan, dan sebagainya. Terbukti  selain memang datang langsung ke Pekanbaru, para pencari suaka yang terdampar di provinsi lainpun selalu di ungsikan ke Ibu Kota Provinsi Riau tersebut.

Seperti yang  bakal datang bulan depan adalah, pengiriman  152 pengungsi Rohingya asal Aceh  ke Pekanbaru

Kepala  Kesbangpol Pekanbaru, Soffaizal mengatakan wilayah setempat sedang melakukan pembahasan teknis pemindahan para pencari suaka tersebut.

"Kemarin kita sudah rapat dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  Kota Pekanbaru di Mapolresta," kata Soffaizal  di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan dia, kini Pekanbaru sedang melakukan berbagai persiapan, dan koordinasi dengan stagholder terkait.

"Kita sedang melakukan persiapan-persiapan, baik lokasi penampungan dan keperluan lainnya," kata dia.

"Hari ini kami juga akan mengikuti zoom meeting denga Kementrian Polhukam dalam rangka persiapan pemindahan pengungsi  ini (Rohingya..red)  juga," katanya

Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Is Edy Eko Putranto  dalam rapat kemarin mengatakan, pada akhir Tahun 2022 hingga awal tahun 2023, terdapat 582 orang pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Provinsi Aceh melalui perairan Pidie, Aceh Besar, dan Aceh Barat Daya.

"Para pengungsi Rohingya ini datang dari Cox Bazaar Bangladesh sebagai akibat dari kondisi konflik berkepanjangan di Myanmar dan keinginan mereka untuk mencari perlindungan di tempat yang aman," kata Eko.

Kata Eko, rencana pemindahan serta penempatan di Kota Pekanbaru yang diperkirakan dilaksanakan pada awal April 2023 melalui jalur darat.

"Jajaran Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau selalu siap menjalankan tugas pengawalan atas pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru dari sisi Imigrasi," ungkapnya.(BST).

 

Berita Lainnya

Index