Viral Di Medsos

BMKG Sebut Hujan Es Pekanbaru Akibat Panas Tinggi

BMKG  Sebut Hujan Es Pekanbaru Akibat Panas Tinggi

BESTIENEWS.COM, Indonesia bukanlah wilayah yang miliki empat musim seperti di eropah, dimana salah satunya musim salju.  Maka jika ada kejadian hujan es seperti yang menerpa Pekanbaru Sabtu (25/3) sore menjadi  keanehan dan fenomenal bagi masyarakat.

Postingan hujan es ini juga menjadi viral di media sosial, banyak foto hingga video beredar. Apalagi ini terjadi memasuki beberapa hari Ramadan menjadi sebuah kekaguman bagi warga Pekanbaru.

Terkait kejadian itu  Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna menjelaskan, fenomena ini disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi sejak pagi hingga siang atau sore hari sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.

"Ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Fenomena yang biasa terjadi biasanya angin puting beliung dan hujan es," kata dia di Pekanbaru, Ahad.

Kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terpantau masih berpotensi terjadi selama beberapa hari kedepan di beberapa wilayah Provinsi Riau.

Ia meminta masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut," tambahnya.

Berdasarkan pantauan, hujan deras disertai serpihan es tak hanya terjadi di daerah Panam, Labuh Baru Barat, di Jalan Rambutan dan Jalan Paus.
 


Selain itu BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Ditambahkannya, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 58 - 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah).(BST).

Berita Lainnya

Index