Peningkatan Ekonomi Masyarakat

PHR Bagun gerai UMKM Kampung Patin

PHR Bagun gerai UMKM Kampung Patin

BESTIENEWS, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR)  bersama Mitra Binaan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau, bangun gerai UMKM di Desa Wisata Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar, Riau, sebagai upaya  mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Keberadaan Gerai UMKM dinilai perlu mengingat Desa Wisata, yang dikenal dengan sebutan Kampung Patin ini merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini sudah dikenal luas wisatawan lokal maupun nasional. Sebagian masyarakat telah memilki produk UMKM skala rumah tangga, berkelompok maupun perorangan. Produk olahan ikan patin masyarakat desa ini banyak diminati oleh wisatawan jika berkunjung ke Kampar.

Lewat Gerai UMKM Desa Wisata Koto Mesjid yang baru diresmikan Penjabat Bupati Kampar Kamsol, yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kampar Zulia Dharma, belum lama ini, akan memudahkan akses membeli oleh-oleh.

Pemerintah Kabupaten Kampar berharap keberadaan gerai UMKM dapat menunjang perekonomian masyarakat di Desa Koto Mesjid dan masyarakat Kampar pada umumnya.

"Pariwisata telah memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat di Desa Koto Mesjid,” kata Kepala Dinas PMPTSP Kampar, Zulia Dharma.

Ketua STP Riau Eni Sumiarsih menjelaskan, gerai oleh-oleh ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM di Desa Wisata Koto Mesjid. Gerai UMKM ini didukung penuh  oleh PHR dan SKK Migas untuk mendorong perekonomian dan pembinaan ekonomi kreatif masyarakat sekitar.  

"Kami berharap gerai ini akan memberikan wadah bagi UMKM untuk memasarkan serta mempromosikan produk serta mempu memenuhi kebutuhan oleh-oleh wisatawan," ungkap Eni.

Staff Formalitas dan komunikasi SKK Migas Sumbagut Vallerina mengatakan, SKK Migas dan KKKS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tetap berkomitmen untuk mengimplementasikan program pengembangan masyarakat (PPM) berkelanjutan di sekitar daerah operasi baik itu infrastruktur, ekonomi, lingkungan, kesehatan maupun pendidikan.

"Untuk program yang kami dukung saat ini adalah kategori program pengembangan dan peningkatan ekonomi," kata Vallerina.

Kepala Desa Koto Mesjid Arjunalis berterima kasih kepada PHR, SKK Migas dan STP Riau yang telah membina dan mendorong perekonomian masyarakat sehingga Desa Koto Mesjid dapat dikenal luas sebagai Desa Wisata Kampung Patin.  

“Kalau-lah semua ini tanpa bantuan dan dorongan dari semua pihak, desa kami tidak ada apa-apanya," kata Arjunalis.

Gerai UMKM ini selanjutnya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Koto Mesjid.

Pada kesempatan berbeda, Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto menyampaikan, keberadaan gerai oleh-oleh merupakan bentuk keseriusan PHR dalam mendorong perekonomian masyarakat di sektor ekonomi kreatif dan UMKM. Melalui gerai ini, aspek pemasaran produk UMKM masyarakat hendaknya dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.  

“Ini kami lakukan agar UMKM kita terus maju dan berkembang,” tukasnya. (BST).

 

 

 

 

Berita Lainnya

Index