Selain Indonesia, Negara-negara Ini Juga Pernah Pindah Ibu Kota

Selain Indonesia, Negara-negara Ini Juga Pernah Pindah Ibu Kota
Foto: Allianz Indonesia

Bestienews.com- Ibu Kota Negara Indonesia yang semula berada di Jakarta kini berganti menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan. Proses pembangunan IKN pun terbilang cepat. Terbaru proses pembangunan IKN sudah mencapai 15 %.

Terkait dengan kepindahan ibu kota ke IKN, Presiden Joko Widodo telah menugaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas untuk terlebih dahulu menyiapkan kepindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN.

Untuk diketahui, rencana kepindahan ASN tersebut akan dilakukan bertahap yang dimulai September mendatang. Hal ini dibenarkan oleh Anas dalam pernyataan resminya.

"Kami tadi telah sampaikan ada tahapan pemindahan ASN ke IKN, ada jangka pendek, jangka menengah, kemudian masa depannya yaitu periode 2023 sampai 2034 dan seterusnya," kata Anas, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Sejatinya, bukan hanya Indonesia yang mengalami kepindahan ibu kota, beberapa negara berikut juga pernah melakukan pemindahan ibu kota negara nya.

1. Rusia
Rusia telah beralih ibu kota antara Moskow dan St Petersburg. Pada 1712-1918, St Petersburg pernah menjadi ibu kota Rusia. Namun, akhirnya kembali ke Moskow.

2. Pakistan
Pada 1959 Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari kota Karachi ke Islamabad.

3. Brasil
Brasil mengganti ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasília pada 1950-an.

4. Tanzania
Tanzania memindahkan ibu kota dari Dar es Salaam ke Dodoma. Pembangunan ibu kota baru ini kemudian diselesaikan pada pertengahan 1980-an oleh arsitek Amerika James Rossant.

5. Pantai Gading
Pantai Gading memiliki ibu kota ekonomi dan kota terbesar yakni Abidjan. Namun pada 1960-an, pemimpin pasca kemerdekaan Felix Houphouet-Boigny membuat rencana untuk mendirikan ibu kota baru yang terletak di tempat kelahirannya yakni Yamoussoukro pada 1983.

6. Nigeria
Nigeria memindahkan pemerintahannya dari kota terbesar dan pusat ekonomi di Lagos ke Abuja pada 1991.

7. Kazakhstan
Pada 1997, Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana.

8. Myanmar
Pada 2005, diresmikan bahwa ibu kota Myanmar pindah dari Rangoon (Yangon) ke Naypyidaw.


Sumber: Detik.com

 

Berita Lainnya

Index