Dukung Upaya Dekarbonisasi

Kilang Pertamina Dumai Resmikan PLTS Bukit Datuk

Kilang Pertamina Dumai Resmikan PLTS Bukit Datuk
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai meresmikan Pembangkit Tenaga Listrik (PLTS) dengan kapasitas 3,77 Megawatt peak (MWP) di lingkun

Bestienews.com-  Mewujudkan komitmen dan bukti konkret dalam mendukung upaya dekarbonisasi, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai meresmikan Pembangkit Tenaga Listrik (PLTS) dengan kapasitas 3,77 Megawatt peak (MWP) di lingkungan PT KPI, pada Jumat (12/7).

Pembangunan PLTS  tersebut merupakan hasil sinergitas dan kolaborasi antara PT KPI Unit Dumai dengan Pertamina Power Indonesia (PPI) yang dimulai sejak penandatanganan kerjasama pada tahun 2022 . PLTS yang disebut jadi PLTS terbesar di lingkungan PT KPI itu diresmikan langsung oleh Direktur Operasi PT KPI, Didik Bahagia, General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, dan Manager Project Execution Control PPI Imam Ciptaraharja

“Terbangunnya PLTS di lingkungan PT KPI Unit Dumai dan jadi yang terbesar di seluruh unit operasi PT KPI ini menjadi milestone baru bagi Kilang Pertamina Dumai,” Didik Subagyo.

Didik Subagyo menyebutkan pembangunan PLTS di lingkungan PT KPI Unit Dumai dibagi dalam 2 fase. Pada fase pertama, PLTS yang dibangun berlokasi di Jalan Raya Bukit Datuk, Komplek Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Dumai dengan kapasitas 2 MWp. Kemudian untuk fase kedua dilanjutkan dengan pembangunan PLTS serentak di dua lokasi yang berbeda, yakni di Jalan Cirebon Bukit Datuk dengan kapasitas 0,77 MWp dan PLTS PSA Fire camp Pertamina RU II Dumai dengan kapasitas 1 MWp.

Pembangunan PLTS pada fase dua di lingkungan PT KPI Unit Dumai itu selesai pada Desember 2023 dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) pada 19 Februari 2024. PLTS dengan kapasitas 3,77 tersebut dimanfaatkan untuk menerangi Komplek Perumahan Pertamina Dumai dan juga terkoneksi parsial dengan Kilang Pertamina Dumai.

Dalam Management Walkthrouh sekaligus peresmian PLTS, Direktur Operasi PT KPI, Didik Bahagia, mengatakan dengan terbangunnya PLTS di lingkungan Kilang Pertamina Dumai dan menjadi yang terbesar di lingkungan PT KPI, menjadi bukti komitmen upaya PT KPI lewat unit-unit operasinya dalam menurunkan gas emisi karbon sebagai upaya dekarbonisasi.

“Pembangunan PLTS ini menjadi bukti real (nyata) Pertamina Group menjaga sustainability,” jelasnya.

Disebutkan bahwa dengan kapasitas PLTS sebesar 3,77 MWP, PT KPI Unit Dumai turut andil membantu mereduksi emisi karbondioksida sebesar 1.4436 ton CO2/tahun. Selain itu, sinergitas dan kolaborasi pembangunan PLTS antara PT KPI Unit Dumai dan PNRE disebut juga menjadi perwujudan tata nilai AKHLAK yang dijalankan oleh Pertamina.

Komitmen PT KPI Unit Dumai dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan upaya dekarbonisasi juga telah tercapai lewat program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Pembangunan PLTS juga telah dilakukan kepada masyarakat sekitar wilayah operasi Kilang Pertamina Dumai, yakni dengan membangun unit-unit panel surya di SMKN 2 Dumai dalam mendukung Program Sekolah Adiwiyata dengan bersinergi bersama PT Pertamina (Persero)

Tak sampai disitu, lewat program Desa Energi Berdikari (DEB), PT KPI Unit Dumai juga membangun PLTS off-grid berkapasitas 2,2 kilowatt peak (kWp) dan penyimpanan baterai 5 kilowatt hour (kWh) untuk kelompok hidroponik Sehati, di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Program tersebut bertujuan untuk mendukung kebutuhan energi di masyarakat desa lewat transisi energi hijau, serta mendukung program penguatan gizi ibu dan anak yang dijalankan oleh kelompok binaan PT KPI Unit Dumai tersebut.**

Berita Lainnya

Index