Bawaslu Pekanbaru Sosialisasikan Saka Adhyasta Pemilu di Raimuna

Bawaslu Pekanbaru Sosialisasikan Saka Adhyasta Pemilu di Raimuna
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru sosialisasikan Pemilu dalam acara Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru.

Bestienews.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru mengambil langkah inovatif dengan menyosialisasikan Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu dalam acara Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru.

 Acara yang digelar pada Kamis (09/05/2024) di Bumi Perkemahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru ini dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Taufik Hidayat.

Dalam sosialisasinya, Taufik menjelaskan bahwa Saka Adhyasta Pemilu merupakan satuan karya baru di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru yang berfokus pada pendidikan pengawasan partisipatif. Saka ini bertujuan untuk membentuk karakter demokratis dan meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pengawasan dan penegakan pemilu serta pencegahan pelanggaran pemilu.

"Saka Adhyasta Pemilu merupakan wadah bagi Pramuka untuk terlibat dalam kegiatan nyata, produktif, dan bermanfaat yang mendukung demokrasi. Dengan orientasi pengawasan dan penegakan pemilu, serta pencegahan pelanggaran pemilu, Saka ini menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap proses pemilu," jelas Taufik.

Seperti Saka lainnya, Saka Adhyasta Pemilu juga memiliki tiga Krida, yakni Krida Pengawasan, Krida Pencegahan, dan Krida Penanganan Pelanggaran. Ketiga Krida ini bertujuan untuk membekali anggota Pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengawasi proses pemilu, mencegah pelanggaran, serta menangani pelanggaran yang mungkin terjadi.

Bawaslu Kota Pekanbaru berharap anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega akan bergabung dengan Saka Adhyasta Pemilu. Saka ini memiliki pangkalan di kantor Bawaslu Kota Pekanbaru yang beralamat di Jalan Puyuh Nomor 2, Kecamatan Sukajadi.

Dengan kehadiran Saka Adhyasta Pemilu, diharapkan generasi muda akan semakin aktif dalam menjaga kualitas pemilu di Pekanbaru dan sekitarnya. Langkah ini diharapkan dapat menjadi tonggak baru dalam melibatkan generasi muda dalam proses demokrasi yang sehat dan berkualitas.

 

 


 

Berita Lainnya

Index