Jokowi Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara

Jokowi Resmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara
Foto : Tangkapan layar Facebook Erick Thohir

Bestienews.com - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Erick menyampaikan pemerintah akan terus menambah jumlah bendungan di Indonesia.

Erick juga mengatakan bendungan juga mempunyai segudang manfaat, baik dari sisi pertanian maupun sisi pariwisata. Misalnya, pada bendungan yang baru saja diresmikan, Bendungan Lolak.

"Alhamdulillah, peresmian Bendungan Lolak jadi bukti komitmen Bapak Presiden yang menekankan pentingnya perbaikan pengelolaan air," kata Erick.

Erick berharap bendungan ini mampu meningkatkan produktivitas padi di daerah lumbung beras di Sulut. Erick menjelaskan dengan seluas 371,32 hektar dan luas area genangan sejumlah 101 hektar, bendungan ini dapat menyediakan air irigasi untuk daerah pertanian seluas 2.214 hektare.

Selain itu, bendungan juga bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan potensi energi sebesar 2,43 MW dan mengurangi banjir. Tak sekadar dari sektor pertanian dan energi, Erick bilang Bendungan Lolak dapat memberikan nilai tambah dari sisi pariwisata bagi Bolaang Mongondow.

Erick menilai kawasan bendungan ini memiliki potensi menjadi hutan buah yang dapat produktif bagi masyarakat sekitar.

"Harapan kita, bendungan ini dapat menjadi sumber pertumbuhan baru bagi Bolaang Mongondow dan mendorong akselerasi pemerataan ekonomi benar-benar dapat terjadi," kata Erick dilansir dari detik.com.

Erick juga mengapresiasi keberhasilan PT PP (Persero) yang mampu membangun bendungan yang mulai dikerjakan pada 2015. Erick mengatakan PT PP bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil menuntaskan infrastruktur fisik bendungan pada pada akhir 2023.

Berita Lainnya

Index