Klopp dan Xavi Umumkan Mundur, Apa Sebab?

Klopp dan Xavi Umumkan Mundur, Apa Sebab?

Bestienews.com- Dalam beberapa hari terakhir ini, dunia kepelatihan sepak bola dunia secara khusus Eropa dikejutkan dengan pengunduran diri Manajer Liverpool Jurgen Klopp dan Manajer Barcelona Xavi Hernandes. Keduanya mengumumkan mundur dari masing-masing tim yang sedang dibelanya pada akhir musim panas ini.

Untuk Xavi Hernandes, pengunduran dirinya atas Barcelona ditengarai buruknya performa Barca dalam pertandingan-pertandingan terakhir mereka. Pasalnya, Barcelona telah kalah di Piala Supercopa dari Real Madrid dan tersisih dari Bilbao di Copa Del Rey.

Belum lagi fakta lainnya ialah Barca tampak kesulitan mempertahankan gelar Liga Spanyol, usai tertahan di posisi keempat klasemen sementara La Liga. Lewandoski Cs terpaut 11 poin dari Girona di puncak klasemen. Meski La Liga sendiri masih menyisahkan belasan pertandingan, Xavi tampak 'pesimis' di pentas domestik itu.

Menariknya, di level Liga Champions Barca berhasil lolos ke babak 16 besar ajang bergengsi itu dengan akan menghadapi Napoli.  Namun, tetap tak menjadikan sang legenda hidup klub itu bertahan di Camp Nou. Keputusannya telah bulat akan hengkang pada akhir musim panas nanti, meski Barca mampu meraih trofi Liga Champions sekalipun.

Berbeda dengan statistik Barca yang memang buruk akhir-akhir ini. Hasil positif sedang dialami Liverpool. Namun, tetap tidak bisa menjadi alasan untuk Klopp bertahan. Ia mengumumkan mundur dengan alasan ingin rehat sementara dari dunia kepelatihan.

Mantan pelatih Barusia Dortmund itu tampak telah lelah menjalani profesi sebagai pelatih. Karenanya, ia memutuskan untuk istirahat sementara dari dunia kepelatihan. Padahal Liverpool sedang dalam performa gemilang: lolos ke final Piala Carabao Cup, bertengger di posisi pertama klasemen Liga Inggris, tembus ke babak kelima Piala FA, dan tengah memuncaki klasemen grup E Liga Eropa.

Berita Lainnya

Index