RK: IKN Keinginan dari Bung Karno

RK: IKN Keinginan dari Bung Karno
Foto: SindoNews.com

Kurator Pembangunan IKN, Ridwan Kamil (RK), mengatakan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) adalah keinginan bangsa negara dari zaman Presiden ke-1 Sukarno hingga Presiden ke-2 Soeharto. Namun, keinginan itu baru dieksekusi pada zaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

RK mengatakan hal ini menjawab pertanyan netizen apakah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah keinginan Jokowi. RK menepis, ia mengatakan rencana itu sudah dari zaman Soekarno yang awal rencana IKN dibangun di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Nah IKN versi indonesia bukan oleh Pak Jokowi. Dari awal sudah oleh Bung Karno. IKN-nya Bung Karno adalah di Palangkaraya. Kalau ada yang bilang ini netizen 'oh ini Pak Jokowi', nggak," kata RK dalam acara Diskusi Strategi Keberlanjutan Visi IKN dan Transformasi Jakarta', di Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (22/12/2023).

Namun, pembangunan IKN di Palangkaraya tidak memungkinkan setelah dikaji. Kemudian pada zaman Presiden ke-2 Soeharto muncul rencana pembangunan IKN dipindah ke Jonggol, Jawa Barat (Jabar). Namun, rencana itu pun gagal.

"IKN itu dari zaman Bung Karno sudah dikaji pilihannya Palangkaraya karena situasi belum memungkinkan nggak jadi. Zaman Pak Harto IKN-nya diubah lagi, IKN-nya di Jonggol, rame lah calo-calo tanah di Jonggol. Eh nggak jadi, wah sekarang rugi besar, paham ya," jelasnya.
 

Sumber detik.com

Berita Lainnya

Index