Pembangunan Pabrik Pupuk di Papua Tembus 15 Triliun

Pembangunan Pabrik Pupuk di Papua Tembus 15 Triliun
Foto: Detik.com

PT Pupuk Indonesia melalui PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pupuk di Kawasan Industri Terpadu Fakfak, Papua Barat. Adapun, nilai investasi dari proyek pabrik tersebut di atas US$ 1 miliar atau lebih dari Rp 15,3 triliun.

"Kalau investasi ya di atas US$ 1 miliar. Kalau bangun pabrik kan satu itu pasar, mendekati sumber. Nah kalau disana kan bahan bakunya melimpah, sekarang kan ada gas alam cair," kata Sekretaris Perusahaan PT Pabrik Pupuk Kaltim Teguh Ismantoro dalam Media Gathering, di Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023) dilansir dari detik.com.

Pembangunan tersebut juga didukung oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Dalam pembangunannya pun, Teguh menegaskan tidak ada penolakan dari warga. Justru, mereka mendukung pembangunan tersebut.

Proyek pabrik ini juga tentunya akan menyerap tenaga kerja dari masyarakat sesuai kebutuhan nanti. Meski begitu, dia tidak menerangkan secara rinci soal besaran tenaga kerja yang terserap nantinya.

"Kalau dari sisi teknis teman-teman itu sudah expert lah sudah 45 tahun. Artinya kalau dari segi kompetensi kita sudah kompeten, kalau tenaga kerja lokal itu menyesuaikan, ada ketentuan dari daerah, dibutuhkan pekerjaan harus klop, gak bisa kita ambil sekian persen, tapi intinya inklusif lah,"tambahnya.

Berita Lainnya

Index