Majalengka, Kota dengan Predikat 'Kota Terpanas'

Majalengka, Kota dengan Predikat 'Kota Terpanas'

Beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini mengalami cuaca yang begitu panas. Bahkan ada kota yang mendapatkan predikat sebagai 'kota terpanas'. Salah satunya ialah kota Majalengka di Kertajati, Jawa Barat.

Hal tersebut terdapat dalam pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dari pemantauan 20 stasiun BMKG se-Indonesia, suhu terpanas beberapa kali tercata ada di Majalengka mengutip Detik.com (30/10/2023).

Suhu di kota ini pernah mencapai 37,8 derajat Celcius pada rentang waktu 19-20 Oktober 2023 lalu. Memang suhu ini masih terbilang rendah jika dibandingkan catatan sebelumnya yang mencapai 39,1 derajat Celcius.

Selain itu, cuaca panas tersebut berdampak pada kondisi lahan baik pertanian maupun persawahan yang tampak mengering. Plt BMKG Kertajati menginformasikan bahwa musim hujan bisa mundur 10-20 hari dibanding tahun sebelumnya.

"Mundurnya prediksi awal musim hujan di Majalengka ini tidak terlepas dari fenomena El Nino yang melanda wilayah Indonesia," kata Plt Kepala BMKG Kertajati Ahmad Faa Iziyn.

 

Berita Lainnya

Index