Mandalika "Dicoret" dari WSBK 2024, Ada Apa?

Mandalika

World Superbike atau WSBK 2024 sudah merilis jadwal gelaran WSBK untuk tahun 2024. Informasi itu disampaikan melalui akun instagram @worldsbk, dimana berisi kalender sementara untuk WSBK musim depan. Nama Mandalika tidak ada dalam kalender tersebut. Itu artinya, tidak akan ada gelaran Moto GP di Sirkuit Mandalika pada tahun 2024 mendatang.

Atas informasi itu, muncul respons beragam. Sejumlah pihak mempertanyakan alasan di balik tidak ada nama Mandalika dalam kalender tersebut. 

Salah satu pihak yang merespons ialah Komandan Lapangan Sirkuit Mandalika yang sekaligus Kepala Dinas Parawisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Jamaluddin Malady. Menurut Jamal, alasan tidak masuknya Mandalika dalam kalender tersebut berkaitan dengan besarnya hosting fee pemerintah yang harus dibayarkan ke Dorna Sports. Ditambah lagi menurut Jamal, tahun 2024 Indonesia akan menggelar Pemilu serentak hingga Pilkada. Secara otomatis akan menyedot biaya yang tidak sedikit.

"Untuk WSBK mungkin berada di angka Rp 100 miliar. Ya sekitar segitu ya. Sehingga pemerintah memutuskan untuk tidak menyelenggarakan, mungkin ya," ujar Jamal dikutip dari Detik.com, Sabtu (28/10/2023).

"Karena kita ketahui tahun 2024 yang akan datang itu Februari sudah pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilihan. Ini mungkin menyebabkan pemerintah pusat dalam hal ini untuk tahun 2024 WSBK dihapus untuk sementara," lanjutnya.

 

Berita Lainnya

Index