Starlink Diajak Sediakan Internet di Wilayah Indonesia, Apa Untung Ruginya?

Starlink Diajak Sediakan Internet di Wilayah Indonesia, Apa Untung Ruginya?

BESTIENEWS.COM - Elon Musk diajak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membawa Starlink masuk ke wilayah Indonesia. Apa untung rugi satelit internet Starlink masuk ke Indonesia?

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi, mengungkapkan kelebihan dan kekurangan jika Starlink diizinkan beroperasi dan menyediakan akses internet di tanah air.

"Sebenarnya bagi perusahaan asing yang benar-benar investasi di Indonesia itu cukup bagus. Memang menjadi tugas dan fungsi Luhut sebagai Menko Maritim dan Investasi untuk menggaet investor ke Indonesia," ujar Heru .

Di sisi lain, bagi perusahaan asing yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia, maka mereka harus bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dalam negeri. Hal itu, kata Heru, sudah tercantum dalam peraturan yang berlaku saat ini.

"Ada aturan yang harus dipenuhi dalam memberikan jaringan internet broadband, yakni harus memiliki izin atau lisensi jaringan internet berbasis satelit. Tentunya, perusahaan asing menggaet perusahaan lokal, karena kita tidak ingin perusahaan asing 100% menjadikan Indonesia sebagai pasar saja, maka dari itu harus bermitra," tuturnya.

Lebih lanjut, ucap mantan Komisioner BRTI tersebut, kemitraan Starlink dan operator seluler lokal itu agar dapat mendorong ekonomi di Indonesia, termasuk juga membuka lapangan pekerjaan.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan Starlink masuk ke Indonesia, maka satelit Elon Musk itu dilarang untuk menyediakan akses internet langsung ke masyarakat, tetapi harus melalui skema business to business (B2B).

Adapun, Starlink saat ini sudah bekerjasama dengan Telkomsat, anak perusahaan Telkom, yang menjadi konstelasi internet itu sebagai backhaul. (*)

 

Berita Lainnya

Index