Texas Chicken Viral Tutup Gerai di Indonesia, Begini Faktanya

Texas Chicken Viral Tutup Gerai di Indonesia, Begini Faktanya

BESTIENEWS.COM - Texas Chicken viral dikabarkan bakal menutup gerainya di Indonesia. Faktanya restoran cepat saji ini masih tetap ada yang beroperasi di bawah naungan PT. Quick Serve Indonesia.

Di tengah tren restoran cepat saji yang datang silih berganti, restoran Texas Chicken yang dikelola leh PT. Cipta Selera Murni TBK mengumumkan akan segera menutup seluruh gerainya di Indonesia.

Kabar ini datang dari PT Cipta Selera Murni TBK (CSMI) selaku pemegang hak waralaba restoran Texas Chicken. Alasan utama Texas Chicken ditutup karena perusahaan terus mengalami kerugian.

Penutupan gerai Texas Chicken sendiri sudah dimulai pada bulan Februari 2023. Setelah PT Cipta Selera Murni TBK tak lagi bekerja sama dengan Cajun Global LLC, selaku pemilik brand Texas Chicken yang asli.

Namun para penggemar Texas Chicken tak perlu khawatir tidak dapat bertemu menu favoritnya lagi. PasalnyaTexas Chicken yang berada di bawah naungan PT. Quick Serve Indonesia, satu-satunya pemegang waralaba Texas Chicken di Indonesia, masih tetap beroperasi.

Berikut beberapa fakta menarik di balik kabar viral tutupnya gerai Texas Chicken dan menu-menu andalan restoran cepat saji itu:

1. Sudah Ada Sejak 1952
Sama seperti brand restoran cepat saji lainnya, Texas Chicken berasal dari Amerika Serikat, tepatnya di Texas. Restoran ini pertama kali dibuka di San Antonio pada tahun 1952. Awalnya hanya restoran kecil yang menyajikan menu fried chicken.

Dahulu Texas Chicken diberi nama Church Chicken, yang diambil dari nama sang pemilik yaitu George W. Church. Namun pada 1956, George meninggal dunia kemudian bisnisnya diteruskan oleh keluarganya.

Beberapa tahun berselang usai kepergian George, sang putra, Bill Church berhasil mengambil alih manajemen pada 1962. Kemudian restoran ini ganti nama jadi Texas Chicken.

2. Ekspansi Internasional
Setelah kepemilikan keluarga Church berakhir hingga pada tahun 1969, restoran ini menjadi perusahaan publik. Ekspansi besar-besaran pun dilakukan setelah Texas Chicken bergabung dengan jaringan waralaba restoran cepat saji lainnya seperti Popeyes dan masih banyak lagi.

Lalu pada 1979, Texas Chicken mulai membuka cabang di Puerto Rico, Kanada, Meksiko, Timur Tengah, hingga negara-negara di Asia, termasuk Indonesia.

3. Texas Chicken di Indonesia
Masuknya Texas Chicken di Indonesia, tak lepas dari peran PT Cipta Selera Murni Tbk (CSMI). CSMI menjadi pemegang merek Texas Chicken dari tahun 1984 hingga sekarang.

Texas Chicken pertama kali membuka restorannya di Indonesia pada 4 Juli 1984. Lokasinya di Pasar Baru, Jakarta Pusat dengan nama Texas Fried Chicken.

Selain yang di bawah naungan PT CSMI, Texas Chicken di Indonesia juga ada yang di bawah naungan PT Quick Serve Indonesia (QSI) sebagai salah satu pewaralaba. Menurut catatan detikFinance,kepemilikan Texas Chicken diambil alih oleh PT Quick Serve Indonesia (QSI) pada 2018 lalu. Sejak saat itulah terdapat dua manajemen berbeda sebagai pewaralaba restoran tersebut.

QSI sendiri merupakan pemegang lisensi Texas Chicken dan mengelola gerai-gerai di Jawa dan Bali, sementara CSMI dominan di luar area tersebut.

Gerai Texas Chicken yang di bawah PT QSI masih akan terus beroperasi. Untuk gerai di Jakarta yangmasih buka ada di Ciputra Mal, Blok M Plaza hingga Kota Kasablanka.Hal ini disampaikan melalui akun Instagram resmi mereka, texasindonesia (18/8).

Pihaknya mengatakan Texas Chicken masih beroperasi di Indonesia. "PT Quick Serve Indonesia merupakan satu-satunya pemegang waralaba Texas Chicken di Indonesia," bunyi keterangan unggahan.

4. Menu Favorit di Texas Chicken
Selama lebih dari 40 tahun berdiri di Indonesia, Texas Chicken terbilang awet digemari dengan menu ayam goreng mereka yang berbeda dengan ayam goreng cepat saji lainnya.

Pilihan ayam goreng di sini ada yang rasa pedas dan original. Tak ketinggalan menu ikoniknya yaitu Star Box Combo yang terdiri dari berbagai macam menu makanan dengan harga terjangkau.

Seperti menu Star Box 1 isinya ada ayam goreng, nasi putih, chicken tender, hingga minuman. Tersedia juga menu Star Box 2 yang berisi burger, ayam goreng, kulit ayam goreng dengan pilihan saus gravy yang enak. Kisaran harganya sekitar Rp 49.000 saja.

Di Indonesia, Texas Chicken tak hanya menyajikan menu ayam goreng saja, tapi juga menu yang menyesuaikan dengan selera orang Indonesia. Contohnya menu ricebowl, tambahan nasi putih, dan nasi goreng. (*)

 

 

Berita Lainnya

Index